TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Aksi Sosial Korpaskhas Di Daerah Bencana Bima NTB

By 05 Jan 2017Berita
emb-314

Bencana banjir yang melanda Kota Bima Nusa Tenggara barat akhir Desember tahun 2016 hingga kini masih meninggalkan duka diantaranya ribuan rumah yang terendam banjir, ribuan pengungsi yang hingga saat ini masih tinggal di tempat-tempat pengungsian.

TNI tidak tinggal diam dalam menyikapi kejadian ini dengan membentuk dan mengirimkan personel berkualifikasi khusus dibidang kesehatan dan rescue. Mereka berasal dari tiga matra, Darat, Laut dan Udara yaitu Yonkes 2/2/Kostrad, Yonkes Marinir dan Korpaskhas. Dalam kesempatan ini Korpaskhas mengirimkan personelnya yang berasal dari Detasemen Matra 2 dan Batalyon Komando 464 Paskhas.

Satgas TNI ini mendirikan Rumah Sakit Lapangan di wilayah Paruga Nae Kota Bima, salah satu daerah yang dianggap aman dari bencana dan terjangkau bagi pengungsi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Berbagai keluhan kesehatan masyarakat yang diterima Satgas Kes TNI diantaranya penyakit kulit seperti kutu air kusta, alergi kulit dan kutu air menempati posisi pertama penyakit yang dikeluhkan. Disusul infeksi saluran pernapasan (ISPA), gangguan pencernaan (diare), gangguan otot dan sendi, dan penyakit lainnya.

Selain penanganan kesehatan, Satgas Kes TNI juga melakukan pembenahan lingkungan. Kota Bima kini telah berbenah, aktifitas warga menunjukkan telah menggeliat dengan dibantu oleh personel TNI mereka bahu membahu melakukan penataan lingkungan baik membersihkan sampah-sampah yang berserakan di jalanan akibat terjangan banjir dan di tengah pemukiman maupun di tempat publik seperti tempat ibadah, perkantoran dan sekolahan. Selain itu TNI juga melakukan fogging guna menghindari penyebaran penyakit melalui nyamuk.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Aksi Sosial Korpaskhas Di Daerah Bencana Bima NTB