Berita

ALIH KODAL PPRC DI LANUD ABD SALEH

Dibaca: 19 Oleh 14 Mar 2014Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Bertempat di Taxy Way Skadron Udara Lanud Abd Saleh, hari ini (Kamis, 13/3) Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko memimpin upacara alih komando pengendalian pasukan pemukul reaksi cepat (Kodal PPRC) yang diikuti oleh tiga matra TNI (Darat, Laut, Udara) sekaligus menampilkan unsur-unsur kekuatan dan alutsista yang digunakan dalam pelaksanaan tugas operasi PPRC. Upacara yang berjalan dengan khidmat tersebut dihadiri Kepala staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia dan para pimpinan TNI Darat Laut dan Udara.

Sebelum upacara dilaksanakan, Panglima TNI mendapat laporan dari Panglima Divisi 1 dan Pangdiv 2/Kostrad yang disampaikan dalam paparan, bertempat di Gedung Binayuda Lanud Abd Saleh. Panglima Divisi 1/Kostrad selaku Komandan alih kodal PPRC 2012-2014 menjelaskan tentang hasil dan evaluasi pelaksanaan PPRC selama masa kepemimpinannya. Sedangkan Pangdiv 2/Kostrad selaku Komandan alih kodal PPRC 2014-2016 menjelaskan kesiapan dan perencanaan pelaksanaan tugas operasi PPRC yang akan datang.

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko selaku penanggung jawab utama pergerakan setiap pasukan TNI menyambut baik paparan yang disampaikan kedua jendral bintang dua angkatan darat tersebut sekaligus menekankan agar ketepatan waktu dalam setiap serangan PPRC ke daerah sasaran menjadi perhatian utama, sehingga pelaksanaan tugas PPRC bisa mencapai hasil maksimal.

Baca juga:  Danlanud Abd Saleh Tutup Kursus Lambangja

Usai paparan, Panglima TNI dan para petinggi TNI segera menuju Taxy Way Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh untuk melaksanakan upacara alih kodal PPRC TNI. Alih Kodal PPRC TNI merupakan bagian dari mekanisme operasional komando tugas gabungan TNI yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali sebagaimana tertuang dalam pokok-pokok organisasi dan prosedur PPRC TNI Nomor : Kep/3/I/2007, tanggal 16 Januari 2007. Ungkap Panglima TNI.

Selanjutnya, PPRC TNI ini merupakan komando tugas gabungan yang dibentuk khusus dan berkedudukan langsung dibawah Panglima TNI dengan tugas pokok melaksanakan tindakan reaksi cepat terhadap ancaman nyata di wilayah darat tertentu, dalam rangka menangkal, menyanggah awal dan menghancurkan musuh atau lawan yang mengganggu kedaulatan NKRI.

Ucapan Selamat disampaikan Panglima TNI kepada Panglima Divisi Invanteri-2/Kostrad selaku Komandan PPRC TNI yang baru menggantikan Panglima Divisi Invanteri I/Kostrad, dan dilanjutkan dengan menyaksikan kesiapan alutsista yang yang digelar di sisi kanan Pejabat TNI Undangan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel