Berita

Amankan Wilayah Udara, Kosekhanudnas I Lakukan Force Down Pesawat Asing

Dibaca: 42 Oleh 31 Agu 2020Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU.  Mencurigai adanya pesawat melintas dengan beberapa kali menghilang di Wilayah Udara yuridiksi nasional yaitu di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), Satuan Radar jajaran Kosekhanudnas I dan MCC Soeta secara intensif melaksanakan pengamatan dan deteksi berkordinasi dengan Radar Sipil.

Setelah diidentifikasi dan klarifikasi administrasi, diketahui bahwa pesawat yang memasuki ALKI itu tidak memiliki ijin (tanpa dilengkapi Flight Clearance/Flight Approval).

Menghadapi ancaman tersebut, Satuan Tempur Sergap melaksanakan Siaga Operasi untuk penindakan dengan pengusiran (Intervention) dari Wilayah Udara Kosekhanudnas I.

Pesawat asing yang disinyalir telah keluar dari wilayah udara Kosekhanudnas I ternyata kembali memasuki Indonesia melalui ALKI I, dan direspon cepat oleh Satuan Tempur Sergap dengan menerbangkan F-16 yang segera melaksanakan identifikasi fisual selanjutnya penindakan yaitu pemaksaan mendarat (Force Down) pesawat asing tak berijin ke Lanud Halim PerdanaKusuma, dengan sebelumnya melaporkan kepada Pangkosekhanudnas I.

Keberhasilan ini merupakan ketanggapan Kosekhanudnas I dan jajaran serta unsur samping lainnya dalam siaganya menjaga wilayah udara Republik Indonesia, juga kesigapan Pangkosekhanudnas I dalam mengambil keputusan dengan sebelumnya melaporkan kepada Pangkohanudnas.

Baca juga:  Cegah Penyebaran Covid-19 Lanud Sjamsudin Noor Bekerjasama dengan PT. Wira Toyota Banjarbaru Melaksanakan Fogging pada Mobil Dinas

Demikian skenario yang dilatihkan dalam Latihan Cakra “A” TA 2020 kepada jajaran Kosekhanudnas I.

Latihan Cakra “A” TA 2020 ditutup Pangkosekhanudnas I dengan ucapan terima kasih atas kerjasama seluruh Unsur dan pendukung Latihan, juga rasa syukur atas terlaksananya latihan yang dengan lancer. Diharapkan kepada setiap Unsur untuk dapat mengevaluasi Latihan ini sesuai tugas dan tanggung jawabnya, sebagai tolak ukur pelaksanaan tugas kedepan.

Konsep Otomatis

Penyampaian informasi ke Jajaran menggunakan Radio dalam Latihan Cakra “A” TA 2020 di ruang Yudha Posek Makosekhanudnas I, Jakarta.

Konsep Otomatis

Anggota SOC Kosekhanudnas I memantau pergerakan Unsur-unsur dalam Latihan Cakra “A” TA 2020 di ruang Yudha Posek Makosekhanudnas I, Jakarta.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel