Berita

Anggota Lanud Adisutjipto Ikuti Sosialisasi HIV/AIDS

Dibaca: 38 Oleh 19 Sep 2018Tidak ada komentar
Anggota Lanud Adisutjipto Ikuti Sosialisasi HIV/AIDS
#TNIAU 

TNI AU. Ratusan anggota Lanud Adisutjipto baik militer maupun PNS, Rabu (19/9) mengikuti Sosialisasi HIV dan AIDS yang digelar  oleh RSPAU S. Hardjolukito bertempat di Gedung GSA. Didampingi oleh Kasibinpersman Letkol  Adm Darwis Akmal mewakili Danlanud Adisutjipto, sosialisasi dipaparkan oleh Letkol Kes. Dr. R.T Edhi Sulistyanto, SpPd selaku Kabag Penyakit Dalam RSPAU Dr S. Hardjolukito.

Dalam sambutannya, Kasibinpersman mengucapkan terimakasih dengan adanya sosialisasi HIV dan AIDS. Harapannya anggota Lanud Adisutjipto mengetahui bahaya dan cara pencegahan HIV dan AIDS sedini mungkin.

Menurut  Letkol Kes. Dr. R.T Edhi Sulistyanto, SpPd saat ini banyak kasus ditemukan bahwa penderita HIV dan AIDS  berasal dari usia produktif yang terinfeksi HIV/AIDS karena memiliki perilaku seks bebas dan penggunaan narkoba lewat jarum suntik yang terkontaminasi,  Penularan HIV juga bisa berasal dari persalinan dan menyusui, tertular dari penderita HIV serta transfusi darah.

Dalam paparannya dr. Edhi menjelaskan  HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Sedangkan Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome yang disingkat AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. Biasanya penderita HIV dan AIDS memiliki gejala infeksi sistemik; diare kronis terus menerus, demam, pembengkakan kelenjar, merasa lemah., serta penurunan berat badan.

Baca juga:  TNI AU HARUS MILIKI KEMAUAN DAN KOMITMEN KUAT

“Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum  bisa disembuhkan. Untuk itu dihimbau agar masyarakat khususnya anggota TNI untuk selalu menjalankan pola perilaku  sehat serta memilih pergaulan yang baik,” pungkasnya.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel