TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Anggota Lanud Adisutjipto Kurve KOBA massal

By 29 Mar 2018Berita
kooba

TNI AU.  Dalam rangka mendukung keselamatan terbang dan kerja, anggota Lanud Adisutjipto, melaksanakan pembersihan di area kurve KOBA ( Kerusakan oleh Benda Asing ) bersama, Kamis (29/3), bertempat di Landasan pacu pesawat terbang ( runway ) Lanud Adisutjipto,

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga,M.M, ditempat terpisah menyampaikan bahwa Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan rasa kepedulian warga Lanud Adisutjipto betapa pentingnya keselamatan terbang dan kerja, terutama mengenai bahayanya benda benda asing yang dapat mengganggu kegiatan penerbangan seperti logam, plastik, batu-batuan maupun benda yg kemungkinan besar bisa merusak pesawat terbang.

Komandan Lanud juga  menekankan agar pelaksaan semua kegiatan di Lanud, baik dalam operasi penerbangan maupun dalam pelaksanaan tugas rutin, senantiasa harus selalu mengutamakan keselamatan. Karena bagaimanapun baiknya suatu kegiatan latihan, apabila terjadi suatu incident atau accident, maka itu adalah suatu kegagalan.

Sementara Kadisops Lanud Adisutsjipto Kolonel Pnb Dedy Susanto, S.E selaku penanggung jawab,  mengatakan kegiatan yang diawali dengan apel pagi ini dilanjutkan dengan membentuk formasi berjajar dan berlapis  mulai dari ujung runway 09 sampai dengan ujung runway 27, kembali menyusuri grasstrip dan taxyway SP1, tak lepas setiap mata orang untuk mengambil benda-benda asing yang ada dilokasi tersebut, sepanjang kurang lebih 5 km.

Lebih lanjut Kadisops menambahkan kegiatan ini dilaksanakan secara berkala dengan tujuan bahwa Lanud Adisutjipto akan menjamin keselamatan penerbangan baik sipil maupun militer dengan cara pembersihan KOBA di runway dan sekitarnya, selain itu juga utk meningkatkan dan menanamkan budaya safety disetiap hati nurani seluruh anggota Lanud Adisutjipto.

Kasi Keselamatan Terbang dan Kerja (Lambangja) Mayor Pnb. Dariyanto) mengatakan  Lanud Adisutjipto sebagai pelaksana Sekolah Penerbang TNI banyak melaksanakan kegiatan dengan penggunaan peswat.  Pesawat-pesawat tersebut sangat rawan terhadap benda-benda asing dan dapat menyebabkan accident. Untuk itu agar tidak terjadi hal hal yang membahayakan dalam pelaksanaan tugas-tugas pokok Lanud adisutjipto khususnya operasi pendidikan, pelaksaan pembersihan area sangat perlu dilaksanakan.

Kegiatan Safety Sweeping yang dilaksanakan secara masal ini juga dihadiri oleh personel dari PT Angkasa Pura 1 dan . Air Nav Indonesia.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Anggota Lanud Adisutjipto Kurve KOBA massal