Berita

Anggota Lanud Surabaya Latihan Kamhanlan dan Menembak Laras Panjang

Dibaca: 36 Oleh 31 Mar 2017Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Guna meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan seluruh personel Lanud Surabaya dalam hal pengamanan dan pertahanan pangkalan, Dinas Operasi Lanud Surabaya menggelar Latihan Bina Tangkas Keamanan dan Pertahanan Pangkalan (Kamhanlan) di Ngoro Jombang, Jumat (30/3). Latihan ini dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Surabaya, Kolonel Pnb Rudy Iskandar.

Komandan Lanud Surabaya mengatakan bahwa, “Kegiatan ini dilaksanakan guna mengingatkan kembali pelaksanaan protap dalam menanggulangi bahaya serangan dari pasukan musuh yang akan mengancam keamanan dan pertahanan Pangkalan TNI AU Surabaya dan sebagai tindakan preventif serta menyikapi situasi keamanan dalam menjaga aset-aset TNI AU yang berada di wilayah Surabaya. Maka selain melaksanakan Latihan Bina Tangkas Keamanan dan Pertahanan Pangkalan juga dilaksanakan latihan menembak. Latihan menembak ini juga merupakan agenda tetap dalam program kerja (Progja) Lanud Surabaya Tahun 2017, yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit karena kemampuan menembak merupakan hal mutlak yang harus dimiliki setiap prajurit, khususnya saat mereka yang melaksanakan tugas operasi, baik dalam maupun luar negeri”.

Baca juga:  Danwingdikum Tutup Pendidikan Sekolah PNS

Latihan Hanlan kali ini dilaksanakan selama dua hari yaitu mulai tanggal 29 sampai dengan 30 Maret 2017, pada hari Rabu dilaksanakan praktek lapangan tentang materi Kamhanlan dan materi dasar perorangan yang meliputi taktik regu dan tatik peleton untuk mengetahui sejauh mana ketangkasan prajurit TNI AU Lanud Surabaya. Sedangkan pada hari Kamis dilaksanakan latihan menembak laras panjang oleh seluruh pejabat maupun perwira Lanud Surabaya serta seluruh anggota Lanud Surabaya di lapangan tembak Satrad 222 Ploso Jombang.

Latihan menembak laras panjang dilaksanakan dengan menggunakan senjata M-16. Materi latihan yaitu dengan menembak percobaan menggunakan 3 peluru butir jarak 100 meter dan menembak penilaian dengan 30 butir peluru jarak 100 meter dengan sikap tiarap, duduk dan berdiri. Latihan dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman sampai home base.

Pada kesempatan tersebut, Lanud Surabaya berusaha mendekati masyarakat Ngoro Jombang dengan memberikan hiburan berupa Layar Tancap yang memutarkan film tentang kedirgantaraan dan peragaan aeromodeling dengan tujuan agar TNI Angkatan Udara semakin dekat dengan rakyat Ngoro Jombang sehingga penjagaan aset-aset yang berada di Ngoro Jombang semakin kondusif dan aman.

Baca juga:  PRAJURIT PUSDIKLAT HANUDNAS HADIRI PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel