Berita

Anggota Lanud Wiriadinata Menerima Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional dan BPJS

Dibaca: 20 Oleh 25 Sep 2013Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Anggota Lanud Wiriadinata menerima Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional Dan BPJS, Selasa (24/9) di aula Lanud Wir. Bertindak sebagai narasumber dalam acara tersebut yaitu Bapak Erwin dari Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Tasikmalaya.

Dalam Sosialisasinya Bapak Erwin menjelaskan bahwa, BPJS merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial baik kesehatan maupun ketenagakerjaan. “Hal ini diatur dalam Undang-Undang RI No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS dan Implementasinya di Lingkungan Kemhan dan TNI.”, jelasnya.

Sebelumnya, sesuai UU No. 40 Tahun 2004 tentang SJSN menyatakan bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial antara lain : Jamsostek, Taspen, Asabri, Askes dan kini akan bertranformasi ke BPJS, baik BPJS Kesehatan (Askes, Jamkesmas, Layanan JK, JPKes) dan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek, Taspen, Asabri). Rencananya, BPJS Kesehatan mulai beroperasi menyelenggarakan program jaminan kesehatan pada tanggal 1 Januari 2014.

Dikatakannya, Manfaat dari Jaminan kesehatan ini bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, rehabilitative, pelayanan obat, bahan medis habis pakai sesuai dengan indikasi medis yang diperlukan. Pada kesempatan itu juga dijelaskan tentang pelayanan kesehatan tingkat pertama yang meliputi administrasi pelayanan baik promotif dan preventif, rawat jalan, transfuse darah dan pemeriksaan laboratorium, pelayanan tingkat lanjutan rawat jalan dan rawat inap. Setelah selesai acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup oleh kepala Dinas Personil Mayor Adm Dila Yuniar Tugis R.

Baca juga:  Siswa Kibi TNI AU dan CELTT Ikuti Psikologi Lapangan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel