Berita

Anggota Muspusdirla Ikuti Tes Kesemaptaan

Oleh 03 Mei 2019 No Comments
Semapta Muspusdirla
#TNIAU 

TNI AU.  Anggota Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, melaksanakan Tes Kesemaptaan Jasmani A dan B, bertempat di Lapangan Wonocatur, Lanud Adisutjipto. Jumat, (3/5).

Tes Kesemaptaan Jasmani merupakan kegiatan rutin secara berkala yang diselenggarakan oleh Binjas Lanud Adisutjipto dan Tim dokter dari Rumah Sakit S. Hardjolukito Yogyakarta. Sebelum pelaksanaan tes terlebih dahulu diawali dengan cek kesehatan (tensi tekanan darah) oleh Tim Kesehatan dari Rumah Sakit S. Hardjolukito dan dilanjutkan dengan pelaksanaan peregangan/pemanasan yang dipimpin oleh anggota Binjas Lanud Adisutjipto. Usai pemanasan peserta tes lari mengelilingi lapangan sejumlah yang telah distandarkan (2.400 M) disebut Jasmani A bagi militer dan PNS, bagi personel militer ditambah Jasmani B yaitu; melaksanakan pull up, set up, push up dan shuttle run.

Menurut Kasi Konservasi Muspusdirla Letkol Sus Nedi Yufrizal, sebagai peserta tes kesemaptaan, menyampaikan bahwa; tujuan pelaksanaan tes ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kemampuan semapta jasmani personel militer dan  PNS di setiap kesatuan tugas, selain itu dimaksudkan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, dan bugar guna menunjang pelaksanaan tugas pokok yang diembannya.

Ditambahkan, melalui tes ini juga sebagai persyaratan memenuhi usulan kenaikan pangkat dan karir personel, bagi prajurit yang tidak memenuhi standar penilaian dari Binjas akan dilaksanakan pembinaan khusus sampai prajurit yang bersangkutan dinyatakan memenuhi syarat.

Baca juga:  RAT Tahunan Sebagai Media Evaluasi

Komentar