Berita

Angkatan Udara Buka 3 Rumah Sakit Pelayanan Korban Gempa

Dibaca: 32 Oleh 16 Jan 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Selain pelayanan kesehatan di rumah sakit, Angkatan Udara juga memberikan pelayanan evakuasi medis dengan cepat menggunakan Helikopter jenis Twin Pack dan Helikopter Puma dari lokasi korban menuju pelayan kesehatan yang terdekat.

Meski rumah sakit Angkatan Udara tersebut juga terkena gempa kondisi rusak namun ada sektor yang tidak rusak tetap dioperasionalkan sebagai sarana pelayanan, pengobatan, dan perawatan secara intensif hingga diluar kapasitas (di lorong-lorong). Sementara rumah sakit lapangan yang berkapasitas 59 medis dan paramedis itu dilengkapi dengan sarana yang cukup memadai sebagai pertolongan pertama. Namun apabila korban tidak dapat dirawat di rumah sakit lapangan, selanjutnya pasien dirujuk ke rumah sakit Lanud Adisutjipto atau rumah sakit lainnya.

Rumah sakit Lapangan Angkatan Udara dengan nama Pelangi Nusantara berdiri ditengah-tengah 553 rumah/KK (± 1.523 jiwa) dan kondisi rumah miliknya hampir semua rata dengan tanah ini dilangkapi beberapa tenda pleton yang berfungsi sebagai ruang periksa umum, ruang operasi (bedah minor dan mayor), ruang perawatan, apotek dan satu tenda sebagai sarana bermain anak dengan para pembimbing.

Baca juga:  Pangkoopsau II Beri Pengarahan “Medsos” Dihadapan 900 Anggota, Keluarga Besar Lanud Iswahjudi

Selama kurang lebih 1 pekan rumah sakit lapangan yang berdiri sejak hari selasa 30 Mei 2006 itu telah melayani para korban bencana gempa ± 1000 orang dengan perawatan jalan, tetap dan rujukan kepada pasien yang patah tulang harus dirawat rumah sakit.

Angkatan Udara memilih lokasi itu setelah kepindahan dari desa Jetis karena dusun Canden tersebut belum terjangkau dari pelayanan kesehatan lainnya dan letak yang sangat jauh dari jalan raya Jetis-Imogiri sehingga memerlukan pelayanan tersendiri agar pertolongan cepat dilaksanakan dan para korban tidak perlu dievakuasi keluar dari dusun Canden, karena jalan sulit dilewati sarana transportasi karena terhalang rumah yang roboh.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel