Berita

ANGKATAN UDARA SIAGA SAR 24 JAM

Dibaca: 34 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Pesawat TNI Angkatan Udara, baik dari Skadron Angkut dan Helikopter Siap mendukung pelaksanaan tugas Basarnas (Badan SAR Nasional) dan siaga selama 24 jam untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang berupa penanggulangan bencana dan kecelakaan transportasi, seperti pertolongan kepada korban tenggelamnya Kapal Laut KM Senopati Nusantara di perairan laut jawa dan hilangnya pesawat Adam Air, Senin (1/1) kemarin.

 

Untuk penyelamatan penumpang KM Senopati Nusantara, TNI AU mengerahkan pesawat jenis CN-235 yang diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, selanjutnya beroperasi dari Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang, bertugas untuk droping makanan dan minuman bagi penumpang yang masih terapun-apung di lautan.

 

Selain itu pesawat juga berpatroli untuk melaporkan posisi para penumpang kepada team Satkorlak SAR. Dari pesawat CN-235 berhasil didrop makanan dan minuman yang langsung diterjunkan kepada korban musibah di tengah laut, dan dapat diterima oleh eks penumpang KM Senopati Nusantara yang memang membutuhkan bahan makan untuk bertahan hidup.

 

Sementara di home base Jakarta dan Malang selalu mensiagakan pesawat Hercules C-130 apabila Negara membutuh dengan segera. Selanjutnya selama membatu SAR pesawat CN-235 bergantian dengan pesawat Cassa 212 yang Kodalnya di Lanud Djuanda, Surabaya.

Baca juga:  Umbul- Umbul Berkibar Di Ats

 

Untuk pencarian hilangnya kontak pesawat penerbangan sipil Adam Air jenis boeing 737 Komandan Lanud Hasannudin Marsekal Pertama TNI Edi Suyanto telah mengoperasikan pesawat Helikopter Puma SA-330 melakukan pencarian di daerah Pare-pare dan mengerahkan satu Skadron Pasukan Paskhas 466 (setingkat Batalyon) untuk menyisir lokasi yang diperkirakan untuk pendaratan darurat.

 

TNI AU juga menerjunkan pesawat intai Boeing 737 untuk memotret dari udara titik-titik yang diperkirakan sebagai jatuhnya/pendaratan darurat pesawat Adam Air, dan akhirnya berhasil mengidentifikasi lokasi yang berada di desa Rangoang, Pegunungan Kecamatan Matangga Polewali, Mandar, Sulawesi barat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel