Berita

ANGKLUNG INTERAKTIF MERIAHKAN HUT WARA DI BANDUNG

Dibaca: 28 Oleh 14 Agu 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-49 Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) wilayah Bandung dimeriahkan dengan atraksi angklung interaktif dari Saung Udjo, Bandung, Senin (13/8).

Upacara yang berlangsung di lapangan upacara Koharmatau dengan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan (Kadislitbangau) Marsekal Pertama TNI Edy Yuwono sebagai Inspektur Upacara (Irup), berlangsung hikmad diikuti seluruh Wara yang berdinas di Bandung, termasuk Wara dari Lanud Suryadharma, Lanud S.Sukani, dan Lanud Wiriadinata.

Menurut Ketua Panitia HUT Wara Wilayah Bandung, Mayor Sus Tri Hastuti, Wara yang berdinas di luar Bandung tersebut setiap tahunnya bergabung dengan Wara Bandung dalam memperingati HUT Wara.

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irup menyampaikan bahwa catatan prestasi yang diukir oleh para prajurit Wara dalam penugasan cukup banyak dan mengesankan baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir para prajurit Wara telah dilibatkan dalam misi penjaga perdamaian PBB di daerah-daerah konflik di seluruh dunia. Hal ini tentu saja sangat membanggakan serta sekaligus menjawab keraguan akan kemampuan prajurit Wara dalam mendukung tugas-tugas operasi militer di medan yang penuh resiko. Sangat wajar dan sudah selayaknya apabila kemudian para prajurit Wara yang berprestasi dan telah menunjukkan integritas tinggi diberikan posisi penting sesuai dengan kapasitas kemampuannya.

HUT Wara yang berlangsung dalam nuansa Ramadhan tahun ini memang unik dengan hadirnya kesenian angklung dari Saung Udjo dengan Teh Lia sebagai pemandu. Awalnya para tamu undangan dan seluruh peserta upacara memegang angklung yang telah disiapkan sejumlah 300 buah dengan memperhatikan tanda yang diperagakan oleh Teh Lia.

Sebagai contoh nada “Do” diperagakan dengan tangan yang mengepal, nada “Re” ditandai dengan kelima jari membuka dan seterusnya. Lagu yang dibawakan berjumlah tujuh lagu diantaranya My Way, Bunda, Manuk Dadali, Cucak Rowo, Happy Birthday. Diiringi seperangkat kendang dan tetabuhan lainnya sebagai musik latar, Teh Lia yang tengah hamil empat bulan tersebut dengan bersemangat memberikan aba-aba bagi setiap nada-nada lagu yang dibawakan.

Beruntung hanya dua kali “diarahkan” seluruh pemegang angklung baik yang sudah pernah mengenal maupun belum pernah memegang, seluruhnya ikut serta menggoyangkan alat musik tradisional budaya Sunda tersebut.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam memperingati HUT tahun ini adalah Donor Darah, Olahraga Bersama, Kunjungan ke Panti Asuhan, Bakti Sosial di Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Ziarah, serta upacara pokok. Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Kes Neneng yang berdinas di Sesko TNI dan Perwira Upacara Kapten Lek Indrawati yang berdinas di Dislitbangau.

Hadir dalam kesempatan tersebut para pejabat Bakorda Bandung diantaranya Komanan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Amrullah, Wadan Koharmatau, Wadan Korpaskhasau, Dirmin Sesko TNI, Danlanud Husein Sastranegara selaku Pembina Wara Wilayah Bandung, Perwira Tertua (Pakor) Wara Bandung Kolonel Kes Rochmulyati, Kolonel Kes dr. Zulaika, Kolonel Pnb Sulastri Baso, serta para mantan Wara yang berdomisili di Bandung.

Baca juga:  Kosekhanudnas II, Siap Berperan Aktif Sukseskan Pemilu dan Netralitas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel