Berita

Antisipasi Teror, Lanud Adisutjipto Gelar Latihan Hanlan

Dibaca: 17 Oleh 08 Jun 2015Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Inteligen Lanud Adisutjipto mendapatkan informasi bahwa telah terjadi beberapa insiden di sekitar wilayah Lanud Adisutjipto mengindikasikan beberapa orang tidak dikenal terlihat berusaha memasuki wilayah Pangkalan tanpa ijin. Kejadian ini ditindaklanjuti dengan meningkatnya kewaspadaan dan peningkatan pengawasan wilayah yang dilakukan oleh personel-personel di Lanud Adisutjipto. Seiring dengan meningkatnya eskalasi ancama, Komandan Lanud Adisutjipto memrintahkan kepada pasukan cadangan Lanud Adisutjipto untuk melaksanakan patroli keamanan bersenjata di sepanjang batas wilayah Lanud Adisutjipto dengan gerakan perorangan dan senjata hanlan. 

Demikian skenario latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) di Baseops Lanud Adisutjipto Yogyakarta yang diperagakan oleh anggota Denhanud 474 Paskhas dan Pasukan cadangan di jajaran di Lanud Adisitjipto, Senin (8/6). 

Menurut Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus SE, Latihan Hanlan ini ini merupakan program latihan yang dilaksanakan rutin setiap setahun sekali dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AU, khususnya dalam bidang pengamanan. “ Latihan ini untuk memberikan pengetahuan, penyegaran serta meningkatkan kemampuan dan ketrampilan bagi anggota Launud Adisutjipto, sehingga sasaran latihan ini dapat terwujud secara optimal,” demikian pernyataan Komandan Lanud Adisujipto sesaat setelah upacara Pembukaan Latihan Hanlan selesai. 

Baca juga:  Lanud Rsn Gelar Do’a Bersama Demi Keutuhan NKRI

Nilai strategis yang dimiliki Lanud Adisutjipto selaku pangkalan pendidikan dan pangkalan operasional dalam mendukung operasi penerbangan militer maupun sipil, sehingga tidak menutup kemungkinan akan menjadi obyek sasaran teroris “Hal tersebut menjadikan kesiapan dan profesionalisme Sumber Daya Manusia senantiasa dibutuhkan dan keterpaduan antar satuan yang ada di jajaran Lanud Adisutjipto dalam rangka menjaga keamanan dan pertahanan pangkalan” jelas Letkol Pnb Bonang Bayu Aji selaku Komandan Latihan Hanlan.

Latihan Pertahanan Pangkalan yang digelar selama dua hari di Base Ops Lanud Adisutjipto ini melibatkan sekitar 200 personel yang terdiri dari anggota Denhanud 474 Paskhas sebagai pasukan inti didukung oleh Anggota Lanud Adisutjipto sebagai pasukan cadangan. Dengan persenjataan QW3 2, Triple Gun 2, Smart Hunter 1 dan senjata perorangan menggunakan SS1 V1. Dalam latihan ini selain uji protap (prosedur Tetap keamanan dan Pertahanan Lanud Adisutjipto, latihan ini akan mensimulasikan penanganan gangguan ancaman yang berasal dari darat maupun udara. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel