Berita

APA ITU “BLACK BOX” ?

Dibaca: 50 Oleh 11 Apr 2012Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Saat terjadi kecelakaan pesawat terbang, selain sibuk mencari lokasi jatuhnya pesawat, menyelematkan dan mengevakuasi korban, juga ada sesuatu benda lain yang selalu dicari-cari. Apakah itu ? Black Box atau kotak hitam.

Mengapa benda itu termasuk yang amat dicari saat terjadi kecelakaan pesawat terbang? Karena Black Box atau kotak hitam merupakan suatu perangkat yang digunakan dalam dunia penerbangan untuk merekam segala kegiatan yang terjadi selama pesawat sedang terbang. Informasi ini digunakan untuk mengetahui apa penyebab sebuah pesawat mengalami kecelakaan.

Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang sering utuh ketika ditemukan.

Prototipe Black Box/kotak hitam untuk pertama kalinya dibuat oleh David Warrens, Australia pada tahun 1950. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Demikian disampaikan oleh Lettu Pnb Hendry Yulafitra, Perwira Skadron Udara 14 pada saat briefing pagi sebelum penerbangan di Rupat Teddy Kustari, Rabu (11/4), yang dihadiri Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI M. Syaugi, S.Sos., para pejabat dan Penerbang.

Bagi masyarakat umum tentu akan berpikir bahwa di setiap pesawat terbang pasti selalu terdapat kotak hitam yang berfungsi merekam peristiwa yang terjadi. Akan tetapi bagi pesawat tempur, perangkat perekam peristiwa tersebut tidak diperlukan. Hal ini dimaksudkan bila suatu waktu pesawat tempur tersebut jatuh di daerah lawan, tidak terdapat rekaman yang dapat membocorkan rahasia negara pemilik pesawat tersebut.

Baca juga:  Satgas Paskhas Pamrahwan Papua dan Papua Barat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel