TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Apel Gabungan Operasi Lilin Lodaya 2018 Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

By 20 Dec 2018 Berita
IMG-20181220-WA0035

TNI AU. Personel Lanud Husein Sastranegara ikut serta dalam Apel Gabungan “Operasi Lilin Lodaya 2018”. Operasi digelar dalam rangka kesiapan pengamanan menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Lapangan Gasibu, Gedung Sate, Bandung, Kamis (20/12). Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bayu Hendara Permana S.E.,M.M. turut hadir pada Apel Gabungan tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2018 menyampaikan sambutannya mengenai gangguan dan potensi kerawanan yaitu potensi kemacetan, pelanggaran ketertiban umum, permasalahan yang berlatar belakang sara seperti pengrusakan atau pembakaran rumah ibadah, potensi aksi teror dari kelompok radikal di tempat ibadah dan obyek vital serta cuaca ekstrem akhir-akhir ini yang berpotensi menimbulkan banjir serta longsor.

Sebanyak 28.328 personel gabungan dikerahkan dalam operasi Lilin Lodaya 2018. Personel tersebut dibagi menjadi 19.279 personel Polda Jabar serta jajaran, 5.200 personel TNI, dan 3.849 personel Satpol PP, Dishub, Dinkes, Jasa Raharja serta instansi terkait lainnya. Di Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan akan dibangun 170 Pos pengamanan dan 39 pos pelayanan untuk penanganan Kamtibmas.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas

Gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono. Acara diawali dengan pemeriksaan pasukan dan sarana prasarana yang digunakan. Mengakhiri apel, Kapolda Jabar, Pangdam III/Siliwangi, dan Gubernur Jawa Barat menunggangi sepeda motor milik Dit Lantas Polda Jabar yang dipacu dari depan Gedung Sate hingga ke halaman Gedung Sate.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Apel Gabungan Operasi Lilin Lodaya 2018 Siap Amankan Natal dan Tahun Baru