Berita

Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla di Provinsi Riau

Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla di Provinsi Riau
#TNIAU 

TNI AU. Pemerintah Provinsi Riau melakukan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020,  yang dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo di Halaman Kantor Gubernur Riau, Senin (9/3/2020).

Satgas Karhutla Riau terdiri dari berbagai satuan seperti TNI, Polri, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran, BPBD, Basarnas, dan relawan-relawan yang menjadi bagian dari satuan penanggulangan Karhutla.

Kepala BNPB selaku inspektur upacara, mengatakan saat ini Riau sudah mengalami Karhutla walaupun dalam beberapa hari terakhir sudah turun hujan, di sebagian pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan arah Timur memasuki musim hujan sehingga terdapat banjir bandang.

Sebagai sebuah bangsa yang besar, Doni menyebutkan kita semua harus bisa menghadapi ini semua dengan tingkat kesiapan yang lebih baik dibandingkan tahun yang lalu.

“Presiden juga telah menerbitkan Inpres nomor 3 tahun 2020, dimana ini Inpres ini diterbitkan dalam rangka merevisi Inpres sebelumnya yaitu Inpres nomor 11 tahun 2015,” lanjutnya.

Doni mengatakan yang membedakan Inpres sebelumnya dan yang sekarang yaitu memberikan kewenangan yang lebih besar kepada pejabat di daerah seperti Gubernur, Bupati maupun Walikota sebagai komandan Satgas.

Baca juga:  Peran AAU-UNY dalam bidang pendidikan di daerah 3T

Oleh karenanya, selaku Kepala BNPB saya mengajak semua pihak untuk betul-betul mau meningkatkan kesadaran kolektif, agar langkah-langkah pencegahan harus di lakukan semaksimal mungkin.

Ia juga berpesan kepada Satgas Karhutla untuk bisa menjaga keamanan, kesehatan serta melengkapi diri dengan perlengkapan yang cukup agar tidak menjadi korban akibat asap yang ada di wilayah tersebut.

Apel Kesiapsiagaan Karhutla dihadiri Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) H. Edy Natar Nasution,S.Ip, Wamen Kementerian LHK RI, Dr. Alue Dohong, Kapolda Riau, Irjen. Pol. Drs. Agung Setya Imam Effendi.SH,S.Ik,M.Si, Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., Dandrem 031/WB, Brigjen TNI Mohammad Fadjar, Kabinda Riau, Brigjen TNI Amino Setya Budi, Danlanal Dumai, Kolonel Laut   Wahyu Dili Y. H., dan Kepala BPBD Riau, H. Edwar Sanger, SH.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel