Berita

Apel Khusus HUT Koopsau Ke-69 Tahun 2020 di Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 24 Oleh 16 Jun 2020Tidak ada komentar
Apel Khusus HUT Koopsau Ke-69 Tahun 2020 di Lanud Sjamsudin Noor
#TNIAU 

TNI AU. Bertempat di Lapangan Amarta Lanud Sjamsudin Noor, Senin, (15/6), Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M Taufiq Arasj, S.Sos., memimpin pelaksanaan Apel Khusus memperingati Hari ulang tahun Komando Operasi Angkatan Udara yang ke-69 tahun 2020. Apel Khusus diikuti oleh para Kepala Dinas, Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Lanud Sjamsudin Noor.

Pada kesempatan tersebut Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M Taufiq Arasj, S.Sos., membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Udara menyampaikan ucapan “Selamat Ulang Tahun” kepada seluruh personel Koopsau beserta jajarannya di manapun berada dan bertugas dan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin, karena peringatan hari jadi Koopsau pada tahun ini bertepatan dengan bulan syawal, di mana umat islam tengah merayakan hari kemenangan setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Sejak dibentuk pada tanggal 15 Juni 1951, Komando Operasi TNI Angkatan Udara telah menorehkan banyak tinta emas dalam sejarah pengabdiannya. Pengalaman tersebut hendaknya dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk semakin memantapkan peran dan tugas Koopsau selaku Komando Utama Pembinaan dan Komando Utama Operasi TNI Angkatan Udara Dalam kurun waktu enam puluh sembilan tahun, Koopsau telah turut serta secara aktif dalam mengabdikan diri demi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara. Selama perjalanan tersebut, Koopsau telah mengukir berbagai prestasi penugasan, baik melalui Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang. Keberhasilan tersebut merupakan implementasi dari semangat pengabdian yang pantang menyerah serta integritas yang tinggi dari para pendahulu Angkatan Udara untuk kepentingan tanah airnya. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus kita harus memberi apresiasi yang setinggi-tingginya dengan meneladani nilai-nilai luhur perjuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu Angkatan Udara dalam menjaga dan mengawal Ibu Pertiwi.

Baca juga:  Entry Briefing Kasau, Kasau Bertekad Mewujudkan TNI AU yang Disegani di Kawasan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa unprecedented nonmilitary threat, berupa pandemi global COVID-19, telah mewabah ke berbagai wilayah tanah air, bahkan ke berbagai penjuru dunia. Koopsau telah membuktikan, tidak pernah ada keraguan dalam mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk menjamin terlaksananya core business Angkatan Udara. Dalam penanganan COVID-19, Koopsau beserta jajarannya telah mengerahkan personel dan alutsista untuk memberikan bantuan dan dukungan angkutan terhadap Warga Negara Indonesia dari Wuhan, pengambilan alat kesehatan dari Hongkong, serta distribusi peralatan kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia. Di tengah pandemi COVID-19 ini, peran Koopsau sebagai engine dari pesawat yang bernama TNI Angkatan Udara menjadi semakin krusial. Oleh sebab itu, saya menekankan kepada seluruh jajaran Koopsau untuk terus menjamin operational readiness Angkatan Udara. Tentunya upaya dalam menjamin kesiapan tersebut, Koopsau sudah harus menerapkan kenormalan baru, sebagaimana telah ditekankan pada entry briefing Kepala Staf Angkatan Udara beberapa minggu lalu. Hal ini sangat penting untuk dilaksanakan, sehingga Koopsau dapat melaksanakan berbagai operasi udara dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

Baca juga:  KENAIKAN PANGKAT DI LANUD RANAI

Lebih lanjut disampaikan derasnya arus informasi dan cepatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era Revolusi Industri 4.0, adalah tantangan yang harus kita hadapi. TNI Angkatan Udara harus dapat menguasai berbagai teknologi disruptif yang mengiringi Revolusi Industri 4.0, sehingga tantangan tersebut tidak berubah menjadi ancaman, namun menjadi peluang bagi kemajuan TNI Angkatan Udara. Untuk itu, saya menekankan agar Koopsau mengedepankan cara kerja yang komunikatif dan kolaboratif, serta kepemimpinan yang inklusif, sehingga dapat mengatasi berbagai tantangan yang muncul bersama Revolusi Industri 4.0 sekaligus menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Dengan semangat Abhibhuti Antarikshe yang berarti keunggulan di udara menjadi tujuan utama, merupakan bentuk tekad dan komitmen yang kuat dari seluruh personel jajaran Koopsau, guna menghadapi tantangan tugas sampai paripurna. Hal  tersebut  sesuai  dengan  tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Koopsau kali ini, yaitu : “Berlandaskan Profesionalisme, dan Jiwa Nasionalis, Koopsau Siap Mendukung Tugas TNi Angkatan Udara Yang Disegani di Kawasan.

Baca juga:  AAU ADAKAN UPACARA PENERIMAAN KONTINGEN LATSITARDA

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel