TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Apel Khusus Peringatan ke-55 HUT Wara di Lanud Soewondo

IMG_2280

TNI AU. Puncak acara Peringatan ke-55 HUT Wara tahun 2018 di wilayah Medan, dilaksanakan Apel Khusus bertempat di lapangan Apron Charlie Lanud Soewondo yang diikuti oleh para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud Soewondo, Kosekhanudnas III, Wing III dan Yonko 469 Paskhas. Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey yang bertindak selaku pengambil apel membacakan sambutan dari Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. pada upacara Peringatan ke-55 HUT Wara. Senin (13/8).

Dalam Sambutan Kasau yang dibacakan Danlanud Soewondo selaku pengambil apel menyampaikan bahwa sejarah pembentukan Wara tidak terlepas dari peran wanita Indonesia sejak era kolonialisme, dimana keberadan kaum wanita di masa itu memiliki peran yang cukup besar, dalam turut serta berjuang mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Kiprah kaum perempuan tersebut juga ditunjukkan pada masa pasca kemerdekaan dimana para wanita ikut berjuang di beberapa pangkalan AURI dengan bertugas dalam bidang kesehatan, administrasi, penerangan, pelipat payung serta dapur umum. Para pejuang wanita inilah yang menjadi cikal bakal Wanita Angkatan Udara.

Lebih lanjut Kasau menyampaikan bahwa Korps Wara pun boleh berbangga hati, karena karena sampai saat ini tercatat sudah ada 13 Wara yang mampu mencapai jenjang kepangkatan sampai dengan Perwira Tinggi. Oleh karena itu, selaku pimpinan TNI Angkatan Udara saya menyampaikan terima kasih dan rasaa bangga atas seluruh dedikasi dan komitmen serta prestasi kinerja yang telah ditunjukkan oleh segenap prajurit Wara dimanapun berada. Berbagai Kiprah yang telah diwujudkan tersebut telah sesuai dan cukup relevan dengan tema Peringatan ke-55 HUT Wara tahun 2018 ini, yakni: “Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyalitas, Profesiona dan Modern, Wara Siap Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara”.

Selanjutnya Kasau juga menyampaikan bahwa tantangan yang akan kita hadapi pada masa mendatang akan semakin berat dan kompleks. Dinamika perkembangan lingkungan strategis, baik nasional maupun global telah bergerak dengan sangat cepat, ditambah lagi perkembangan teknologi komunikasi yang saangat pesat telah membuat dunia seolah-olah tanpa batas yang tentunya membawa implikasi positif maupun negatif bagi perkembangan kehidupan umat manusia. Kemudahan teknologi dari informasi akan menambah cakrawala pemikiran kita secara lebih luas apabila dimanfaatkan secara optimal dan bijak. Namun demikian kita harus tetap waspada terhadp nilai-nilai, norma maupun budaya asing yang kurang sesuai atau bahkan bertentangan dengan nilai-nilai hakiki bangsa, karena hal tersebut dapat mempengaruhi pola pikir dan pola tindak masyarakat kita dan akan berpengaruh secara langsung terhadap eksistensi serta masa depan bangsa Indonesia. Oleh karenanya saya mengingatkan agar setiap prajurit Wara mampu memilah dalam memantapkan jati dirinya sebagai prajurit TNI dan Wanita Indonesia yang memiliki etika dan budaya timur yang kuat. Kemampuan diri untuk membangun pribadi yang kuat akan berimplikasi pada terbentuknya citra positif Wara sebagai kebanggaan dan kehormatan TNI Angkatan Udara, kata Kasau.

Usai melaksnakan apel khusus dialanjutkan dengan acara sykuran yang dilaksanakan di vip Abdul Karim Saleh. Pada kesempatan tersebut, Danlanud kembali menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada segenap Wara yang bertugas di wilayah Medan, dan dilanjukan dengan pemotongan kue ulang tahun yang dilaksanakan oleh Danlanud dan diberikan kepada Wara yang akan memasuki masa purnatugas Mayor Adm Semiwati Pabanda Renpers Spers Kosekhanudnas III dan kepada Wara termuda Serda Cut Zela anggota Hukum Lanud Soewondo.

Apel khusus yang berlangsung dengan hikmat ini turut dihadiri oleh para Asisten Kosekhanudnad III, Wadanwing III Paskhas, para Kepala Dinas Lanud Soewondo, Danyonko 469 Paskhas beserta segenap personel Wara di wilayah Medan.

Apel Khusus Peringatan ke-55 HUT Wara di Lanud Soewondo