Berita

Apel Siaga Manggala Agni Di Lanud Supadio

Dibaca: 5 Oleh 23 Okt 2014Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Bertempat di hanggar Lanud Supadio, (22/10) Wakil Bupati Kubu Raya memimpin pelaksanaan apel siaga yang dilaksanakan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang ada di Kalimantan barat. Acara tersebut diikuti Anggota Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Batalyon 465 Paskhas, Badan Sar, Pejabat TNI – Polri dan pejabat pemerintahan di lingkungan Kalimantan Barat.

Acara gelar siaga kebakaran dan lahan manggala agni yang berada pada daerah operasi Pontianak tersebut dilaksanakan dalam rangka pengecekan kekuatan apabila setiap saat terjadi bahaya kebakaran. Bahkan yang lebih memprihatinkan setiap tahunnya pada saat musim kemarau sebagian besar wilayah Kalimantan Barat selalu diselimuti kabut asap yang berasal dari kegiatan pembakaran lahan atau kebakaran hutan dan lahan.

Kabut asap yang ditimbulkan tidak hanya mengakibatkan penurunan kualitas udara di tingkat lokal. Kalimantan Barat juga ikut memberikan andil dalam penurunan kualitas udara di tingkat nasional dan bahkan regional ASEAN. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kubu Raya Drs. Hermanus, M.Si selaku inspektur upacara juga mengungkapkan, Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, di antaranya melalui kebijakan pembukaan lahan tanpa bakar (zero burning policy).

Baca juga:  Komandan Lanud Maimun Saleh Sebagai Narasumber Kursus Instruktur Muda (KIM) Ke IV

Bahkan Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat juga telah mendorong peran serta masyarakat dan juga lembaga – lembaga terkait bahaya kebakaran, sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan. Peran serta masyarakat sangat diperlukan dengan harapan kegiatan pembukaan lahan yang akan diusahakan masyarakat dapat dilakukan tanpa bakar, atau setidaknya pembakaran lahan yang dilakukan terkendali dengan baik serta munculnya kontrol dari masyarakat sendiri dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan.

Urgensi lain atas peran serta masyarakat adalah karena keberadaan mereka yang banyak tersebar di daerah yang berdekatan dengan daerah rawan kebakaran sehingga berpotensi untuk melakukan pemadaman awal dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan secara dini sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran yang lebih luas.

Apel Siaga Manggala Agni Di Lanud Supadio

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel