PIA Ardhya Garini

Arisan Rutin PIA Ardhya Garini Cabang 5/D.III Lanud El Tari

IMG_3991
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Arisan Rutin Bulanan PIA Ardhya Garini Cabang 5/D.III Lanud El Tari dilaksanakan di Gedung serba Guna, turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 5/D.III Lanud El Tari Ny. Alvia Arief Hartono, S.H., Ketua IKKT Satrad 226 Buraen, Ketua PIA Ardhya Garini Anak Ranting Kipan C Yonko 466 Paskhas, Purnawirawan, Warakauri Lanud El Tari dan Dinas Kesehatan Kota Kupang, Selasa (02/04).

Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 5/D.III Lanud El Tari dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Ibu-Ibu PIA dan IKKT untuk hadir pada arisan rutin bulanan ini, kegiatan ini diisi oleh Dinas Kesehatan Kota kupang dengan mengambil permasalahan TBC, dengan harapan dapat bermanfaat dan menambah pemahaman apa itu TBC, Tanda-tanda awal TBC dan penanganannya.

Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Kupang Ibu Erna Talik menyampaikan paparan tentang Apa itu TBC, Tanda-tanda awal TBC dan cara penangannya,  TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman (Mycobacterium Tuberculosis), tanda awal TBC yaitu Keringat di malam hari walau tidak beraktifitas, demam berkepanjangan, nafsu makan berkurang/tidak mau makan dan berat badan menurun, beberapa cara penanganan pencegahan Penularan untuk penderita TBC yaitu minum obat secara teratur sampai selesai, menutup mulut saat bersin atau batuk, tidak meludah disembarang tempat, meludah ditempat yang kena sinar matahari atau tempat yang diisi sabun atau karbol/lisol, jemur tempat tidur bekas penderita secara teratur, buka jendela rumah lebar-lebar agar udara masuk dan sinar matahari dapat masuk (Kuman TBC akan mati apabila kena sinar matahari).

Untuk anak-anak, Batuk bukan merupakan gejala utama pada anak, penentuan TBC pada anak dilakukan oleh dokter dengan menggunakan sistem skoring (Penilaian), serta pemeriksaan foto ronsen (Rontgen) dada dilakukan atas anjuran dokter apabila hasil pemerikasaan dahak negatif begitu pula pada penentuan TB ekstra paru dan TB Anak.

Dengan tema “Saatnya Indonesia bebas TBC, Kota Kupang Bebas TBC Mulai dari Saya” Dinas pendidikan menyampaikan bahwa penyakit “TBC Menular!” Tapi bisa disembuhkan syaratnya cuma 3, Pertama Periksa dahak dan berobat yang benar, kedua minum obat hingga tuntas, ketiga datang ke layanan kesehatan yang terpercaya.    

Leave a Reply