Berita

ARTI SEKANTONG DARAH

Dibaca: 11 Oleh 14 Jul 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Hari Ulang Tahun Wanita Angkatan Udara (Wara) yang jatuh pada tanggal 12 Agustus diperingati dengan mengadakan berbagai kegiatan antara lain donor darah yang dilaksanakan di Gedung Cendrawasih Lanud Sulaiman, Bandung, Selasa (13/7).

Terdapat dua puluh orang Wara yang tergabung dalam Bakorda Bandung, yang telah rela menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan. Pada kesempatan tersebut hadir Kolonel Kes Rochmulyati yang ambil bagian dalam donor darah diikuti beberapa Pamen, Pama dan Bintara Wara lainnya.

Donor darah adalah proses dimana penyumbang darah secara suka rela diambil darahnya untuk disimpan di bank darah, dan sewaktu-waktu dapat dipakai pada transfusi darah. Sekantong darah yang didonorkan seringkali dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

Darah adalah komponen tubuh yang berperan membawa nutrisi dan oksigen ke semua organ tubuh, termasuk organ-organ vital seperti otak, jantung, paru-paru, ginjal, dan hati. Jika darah yang beredar di dalam tubuh sangat sedikit oleh karena berbagai hal, maka organ-organ tersebut akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Akibatnya, dalam waktu singkat terjadi kerusakan jaringan dan kegagalan fungsi organ, yang berujung pada kematian. Untuk mencegah hal itu, dibutuhkan pasokan darah dari luar tubuh. Jika darah dalam tubuh jumlahnya sudah memadai, maka kematian dapat dihindari.

Tidak ada manfaat langsung menjadi donor darah. Namun dengan mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi SEHAT. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

Baca juga:  Budaya Literasi Membangun SDM Unggul

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel