Pustaka

AS: F-16 & F-18 Buat India Tak Terkalahkan!

Dibaca: 24 Oleh 06 Feb 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

AS: F-16 & F-18 Buat India Tak Terkalahkan!

WASHINGTON – Triliunan dolar sudah dihabiskan India untuk memperkuat militernya, Pentagon pun mengatakan bahwa jet tempur F-16 dan F-18 buatan Amerika Serikat (AS) akan menjadikan India sebagai negara yang tak terkalahkan. 

“Kami sangat yakin, jet tempur F-16 dan F-18 akan membuat Angkatan Udara India tak terkalahkan. Jet tempur ini dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan harga yang cukup bersaing,” ujar juru bicara Pentago, Leslie Hull Ryde, seperti dikutip PTI, Kamis (2/2/2012). 

Komentar Pentagon muncul setelah India memutuskan untuk membeli jet tempur Rafale buatan Dassault Aviation, Prancis yang menang tender. Pada April lalu, India menolak penawaran dua buah jet tempur AS, Rusia, dan juga Swedia. 

Jet tempur Rafale merupakan salah satu jet tempur yang digunakan di perang Libya saat komunitas internasional memberlakukan zona larangan terbang dan menginvasi negeri yang sempat dikuasai oleh Moammar Khadafi itu. 

Produksi jet Rafale sendiri terancam dihentikan bila tidak ada negara yang memutuskan untuk membeli pesawat tempur itu. 

Baca juga:  64 pesawat akan meriahkan HUT ke-66 TNI AU

Pemerintah Prancis pun menyambut keputusan India, namun mereka belum menandatangani kesepakatan final dari perjanjian penjualan jet tempur tersebut. Keputusan India juga tampak disambut oleh Presiden Prancis Nicolas Sarkozy. 

India merupakan salah satu negara pengimpor perlengkapan militer terbesar di antara negara berkembang lainnya. Proyek pengadaan jet tempur merupakan salah satu program peningkatan kapabilitas militer India yang ditujukan untuk mengamankan wilayah perbatasan India dengan Pakistan dan China.(AUL)

Sumber: http://international.okezone.com/read/2012/02/02/414/568365/as-f-16-f-18-buat-india-tak-terkalahkan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel