Berita

Asah Profesionalisme, Jajaran Kohanudnas Gelar “Kilat Persada 2018”

DSC_3935
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Kepala Staf (Kas) Kohanudnas Marsekal Pertama TNI Arif Mustofa, M.M  mewakili Panglima Kohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E, membuka Latihan Pengamanan dan Pengendalian wilayah udara Kohanudnas “Kilat Persada” melalui video conference (vicon) dengan unsur-unsur latihan di Ruang Yudha, Popunas (Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional), Markas Kohanudnas Jakarta, Selasa (11/12).   Dalam vicon, Kas Kohanudnas selaku Katim penilai latihan didampingi para Asisten Kohanudnas berkomunikasi dengan unsur-unsur latihan yang ada di jajaran Kosekhanudnas I Jakarta, Kosekhanudnas II Makassar, Kosekhanudnas III Medan dan  Kosekhanudnas IV Biak guna menyamakan persepsi dalam pelaksanaan rangkaian latihan Kilat Persada Kohanudnas tahun 2018 agar berlangsung dengan lancar.

Dalam sambutan tertulisnya Panglima Kohanudnas menyampaikan, “Latihan Kilat Persada tahun 2018 ini merupakan kegiatan latihan tingkat Kohanudnas dilaksanakan dengan tujuan melatih kesiapan Kohanudnas beserta satuan jajarannya untuk melaksanakan operasi pertahanan udara,  operasi pertahanan udara pasif, operasi pengaman VVIP dan operasi pengamanan obyek vital dalam rangka pengamanan wilayah udara nasional secara menyeluruh dan terpadu.”  ujar Pangkohanudnas.

Lebih lanjut dikatakan “Latihan Kilat Persada sudah dimulai sejak tanggal 12 November 2018 dan akan ditutup pada tanggal 14 Desember 2018 mendatang yang terbagi dalam 4 tahap, yaitu : Tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengakhiran. Dalam skenario latihan digambarkan adanya pelanggaran wilayah udara nasional oleh penerbangan pesawat asing baik pesawat militer maupun sipil di lima wilayah nasional yang meliputi Kepulauan Natuna, Selat Malaka, Selatan Jawa, Kupang dan Papua. Untuk itu, seluruh Kosekhanudnas beserta unsurnya melaksanakan pengamatan udara didukung instansi terkait TNI juga unsur-unsur Hanud lainnya seperti unsur Lanud, unsur Hanud TNI AD, unsur Hanud TNI AL, Kepolisian, juga unsur radar sipil dan Direktorat Jenderal perhubungan udara Kemenhub untuk melaksanakan tugas-tugas secara terkoordinasi,” jelas Pangkohanudnas.

Ditambahkan metode latihan yang digunakan selain ceramah juga simulasi dan geladi lapangan melibatkan unsur-unsur hanud seperti  unsur tempur sergap meliputi pesawat tempur Sukhoi, F-16, Hawk 100/200; unsur penindak Low Speed pesawat Super Tucano, unsur Helikopter SAR dan unsur MCC. Untuk jajaran Kohanudnas melibatkan semua Kosekhanudnas I, II, III, IV beserta unsurnya ditambah alutsista mobile Makohanudnas.  Bertindak selaku tim evaluasi adalah pejabat dari Sops Mabes TNI, Sopsau dan Kodiklat TNI.

Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) sebagai salah satu komando utama TNI berfungsi sebagai mata dan telinga yang mengawasi berbagai pergerakan pesawat udara yang melintasi di seluruh wilayah udara Indonesia. Guna melaksanakan tugasnya Kohanudnas didukung oleh unsur-unsur pertahanan udara (hanud) yang ada di tanah air seperti Satuan Radar (Satrad) TNI dan sipil, unsur Lanud, unsur tempur sergap, unsur rudal, unsur arhanud TNI AD, unsur KRI TNI AL, unsur hanud pasif dan lainnya.

Leave a Reply