Berita

ASEAN AIR CHIEFS CONFERENCE

Dibaca: 28 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

”ASEAN Air Chiefs Conference (AACC)” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 21 hingga 22 November 2006, di Hotel Mulia Senayan.

 

ASEAN Air Chief Conference (AACC) ini merupakan prakarsa para Kepala Staf Angkatan Udara negara-negara ASEAN yang dilatar belakangi oleh suatu keinginan untuk memajukan hubungan antar negara, khususnya di bidang matra udara. Untuk pertama kalinya, konferensi para Kepala Staf Angkatan Udara negara-negara ASEAN di adakan di Thailand pada tanggal 26 sampai dengan 28 Maret 2004 , dan yang kedua di Malaysia, tanggal 3 s.d. 5 Desember 2005.

 

Koonferensi ini diadakan setahun sekali, diselenggarakan secara bergantian diantara negara-negara ASEAN, dan kali ini TNI Angkatan Udara bertindak selaku tuan rumah.

 

Dari penyelenggaraan forum semacam ini, terbuka peluang adanya dialog antar peserta, untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing peserta konperensi, yang akan bermuara pada kesamaan langkah dan tindakan dalam upaya untuk menciptakan stabilitas kawasan ASEAN, mengingat stabilitas kawasan ASEAN sangat berpengaruh terhadap stabilitas secara global.

Baca juga:  Pemberhentian Tidak Dengan Hormat Dari Dinas Keprajuritan Terlibat Narkoba

 

Isu global yang tengah menjadi trend sekarang ini adalah masalah terorisme, yang menjadikan masalah ini dirasakan sebagai ancaman bersama yang harus dihadapi oleh Negara-negara ASEAN, karena itu tema dari ASEAN Air Chiefs Conference kali ini “Challenges To ASEAN Air Force In Combating Terrorism And Response to Relief Disaster”

 

Dengan demikian, Air Chiefs Conference ini diharapkan akan menjadi suatu forum konsolidasi dan koordinasi teknis yang melibatkan para pejabat Kepala Staf Angkatan Udara se-ASEAN untuk menyamakan tindakan dalam menghadapi tantangan maupun permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

 

Selain itu juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan antara Angkatan Udara se-Asean, khususnya para Kepala Staf Angkatan Udara yang akhirnya akan lebih memudahkan dalam berkoordinasi dalam pelaksanaan tugas-tugas selanjutnya.

 

Konferensi yang akan berlangsung selama dua hari tersebut akan dihadiri oleh Para Kepala Staf Angkatan Udara dari Malaysia, Thailand, Singapore, Philippines, Brunei, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos dan Indonesia sebagai tuan rumah, dan kegiatannya yang akan dilaksanakan antara lain akan diisi dengan presentasi dari Menteri Pertahanan Bapak Profesor Juwono Sudarsono dengan topic pembahasan Kerjasama Internasional dalam rangka penangguangan terorisme dan bencana alam, dan akan diisi pula dengan presentasi dari Staf Khusus Kepresidenan Bapak Doktor Dino Pati Djalal dengan topik the six strategic challenges of Asia Pacific. Pada tanggal 22 November, peserta akan menghadiri pembukaan Indo Defence 2006 Expo & Forum di PRJ Kemayoran.

Baca juga:  Kadisops Lanud Raden Sadjad Menyambut Kedatangan Menkominfo

 

Kerjasama antara Angkatan Udara se-ASEAN selama ini telah terjalin dengan baik, dan TNI Angkatan Udara secara rutin telah mengagendakan beberapa kegiatan; bidang Operasi dan Latihan. Melaksanakan patroli bersama antara TNI AU dengan Angkatan Udara negara-negara ASEAN, disamping itu juga dilaksanakan latihan bersama, antara lain Elang Malindo latihan bersama dengan Malaysia, Elang Thainesa dengan Thailang, Elang Indopura dengan Singapura, Elang Brunesia dengan Brunei. Bidang Pendidikan. Pertukaran siswa setingkat Sesko (Sekolah Staf dan Komando).

 

Sementara telah dilakukan pula Ex change visit antar Perwira negara ASEAN.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel