Berita

Asops Kasau : Melalui Latihan Cyber Defence TNI AU TA 2021, kita Tingkatkan Kesiapan Sistem Pertahanan Siber Di Satuan Jajaran TNI AU

Dibaca: 101 Oleh 19 Okt 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 10 19 at 14.59.48
#TNIAU 

TNI AU. Asisten Operasi Kasau, Marsda TNI M. Khairil Lubis selaku Pimpinan Umum Latihan membuka secara resmi Latihan Cyber Defence TNI AU TA 2021, Selasa (19/10/2021).

Latihan dengan tema “Satuan unsur Siber melaksanakan Cyber Defence di mandala operasi dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Udara”, berlangsung di ruang rapat Dispamsanau secara virtual.

Asisten Operasi Kasau dalam sambutannya mengatakan, melalui Latihan Cyber Defence TNI AU TA 2021 ini, kita tingkatkan kesiapan sistem pertahanan Siber di satuan jajaran TNI AU, mulai dari tingkat Mabesau, Kotama dan Lanud jajaran, dengan berbagai unsur kekuatannya. “Latihan Cyber Defence TA 2021 merupakan latihan yang dilaksanakan oleh TNI AU, dimana hasil yang akan dicapai nantinya menjadi tolak ukur TNI AU dalam mengembangkan pola pembinaan konsep Pertahanan Siber yang menjadi salah satu konsep perang modern TNI AU ke depan”, jelas Asops Kasau.

Menurut Asops Kasau, bahwa siber atau ruang maya dapat digunakan untuk hal-hal positif, namun demikian dapat juga digunakan untuk hal-hal negatif berupa propaganda yang dapat mengganggu stabilitas nasional, seperti cyber terorisme, sabotase terhadap infrastruktur kritis TNI AU, pencurian data/informasi/kekayaan intelektual, dan penyebaran berita palsu (hoax) yang dapat meresahkan masyarakat.

Baca juga:  Manyar Terampil : Simulasi Kebakaran di Komplek Lanud Ats

“Oleh karena itu, ancaman siber yang bersifat negatif ini, harus mampu kita antisipasi, dalam rangka melindungi sumber daya informasi dilingkungan TNI Angkatan Udara dari gangguan dan penyalahgunaan, maupun pemanfaatan oleh pihak-pihak yang ingin menghancurkan TNI, bangsa dan negara” jelas Asops Kasau.

Lebih lanjut Asops Kasau menyampaikan untuk menghadapi tantangan tersebut, sudah waktunya kita bertindak nyata. Kita tingkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia kita, dan membangun sarana dan prasarana Siber Dispamsanau yang mampu bersinergi dengan Satuan lainnya serta dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi yang ada.

“Latihan ini pada hakikatnya selain untuk menguji tingkat kesiapan sistem komunikasi dan informasi yang menggunakan jaringan internet dalam Pertahanan Siber di satuan jajaran TNI Angkatan Udara juga menguji personel yang menanganinya di level Mabesau, Kotama dan Paskhas serta Lanud jajaran TNI AU yang terlibat latihan, dikaitkan dengan Doktrin Swa Bhuwana Paksa dan Doktrin Siber TNI”, ungkap Asops.

Turut hadir secara virtual dalam pembukaan ini, Asintel Kasau, Pangkoopsau I, II dan III, Dankorpaskhas, Waasops Kasau, para Penasihat Latihan, Kadispamsanau selaku Direktur Latihan Cyber Defence TNI AU TA 2021, Kasatsiber selaku Wadirlat, para Instruktur latihan dari Pondok Siber, dan para peserta/pelaku latihan Latihan Cyber Defence TNI AU TA 2021. Kegiatan dilanjutkan dengan penataran pelaku yang diberikan oleh instruktur dari Pondok Siber.

Baca juga:  Mayor Pnb I Kadek Suta Arimbawa Resmi Jabat Danskadron 14

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel