TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Asops Kasau tutup Mission Commander Course di Lanud Iswahjudi

By 14 Sep 2018Berita
tup_mcc

TNI AU. Asisten Operasi (Asops) Kasau Marsekal Muda TNI Johanes Berchmans SW., menutup Mission Commander Course (MCC), di main apron Lanud Iswahjudi. Penutupan ditandai dengan pelepasan badge MCC dan pemasangan badge satuan kepada perwakilan siswa di main apron Lanud Iwj dihadiri Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Nanang Santoso, Danlanud Iwj Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal, S.IP., M.Tr (Han). Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Rony Moningka, Danpusdiklat Hanudnas Kolonel Pnb Mukhson Serta segenap pejabat Lanud Iswahjudi dan Insub.

Pada kesempatan tersebut Asops Kasau mengatakan, MCC yang diikuti oleh 16 penerbang tempur TNI Angkatan Udara tersebut bertujuan untuk memberikan bekal sekaligus pemahaman kepada para penerbang dalam me-manage sebuah misi operasi udara. “MCC tentunya menjadi dasar yang harus dikuasai oleh penerbang tempur sebelum melaksanakan misi-misi operasi yang lebih besar dimasa mendatang,” jelas Asops Kasau.

Mission Comander course menurut Asops Kasau memiliki arti yang sangat strategis terutama bagi TNI AU dalam jangka panjang dan juga bagi karier kedepan. “MCC ini dapat dijadikan modal awal untuk membangun TNI Angkatan Udara yang lebih maju dan membanggakan,” harap Marsda TNI Johanes Berchmans.

Kursus dilaksanakan selama tiga minggu dari tanggal 20 Agustus – 14 September 2018, kursus dibagi dua tahap yaitu tahap bina kelas dan bina terbang. “Pada tahap bina kelas para penerbang akan dibekali dengan teori yang berisikan langkah-langkah dalam merencanakan sebuah misi, memadupadankan aset-aset yang akan digerakkan dan mengatur pengerahannya sehingga misi dapat dijalankan secara efektif efisien dalam mencapai tujuan. Sedangkan pada tahap bina terbang para peserta akan diberikan beberapa aset untuk dikelola dalam melaksanakan misi berupa pesawat tempur, transport dan helicopter.

Sedangkan peserta MCC dari Skadron Udara 1 satu orang penerbang, Skadron3 dua orang, Skadron 11 empat orang, Skadron 12 dua orang, Skadron 14 satu orang, Skadron 15 dua orang, Skadron 16 satu orang dan Skadron 21 dua orang.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Asops Kasau tutup Mission Commander Course di Lanud Iswahjudi