Berita

ASPAM KASAU : WASPADAI PENYADAPAN

Dibaca: 1 Oleh 17 Des 2013Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Kebiasaan untuk meng-up load informasi pribadi maupun dinas, harus diwaspadai dengan seksama, karena saat ini banyak bentuk kejahatan yang memanfaatkan kecerobohan dalam penyebarluasan informasi pribadi. Oleh sebab itu, seluruh personel TNI AU harus memperhatikan arus informasi yang berada dalam kuasanya. 

Demikian amanat Aspam Kasau Marsda TNI Zulhasymi yang dibacakan Waaspam Kasau Marsma TNI Masmun Yan Mangesa, pada upacara bendera 17-an di Mabesau Cilangkap. Selasa (17/12). 

Dikatakan, Perlakuan terhadap data, informasi dan arsip yang terkait dengan kedinasan harus mendapat perhatian khusus dari seluruh personel TNI AU. Acapkali rutinitas dalam menangani informasi menyebabkan kecerobohan yang tidak perlu, ditambah lagi dengan kurangnya pengawasan dari otoritas di atasnya. Akibatnya kebocoran informasi militer kepada pihak luar terjadi tanpa disadari. 

Aspam Kasau mengingatkan, bahwa kegiatan penyadapan dapat terjadi pada setiap lini kehidupan, dan tidak tertutup kemungkinan dalam dunia militer. Kemajuan teknologi, terutama teknologi komunikasi, baik melalui telepon genggam maupun internet, merupakan salah satu sarana yang banyak digunakan untuk menyadap informasi perorangan. 

Baca juga:  Danlanud Wiriadinata Laksanakan Gowes Bersama FKIJK Priangan Timur

Untuk itu, kewaspadaan dan kepekaan harus terus-menerus diingatkan dan dilatih, sehingga menjadi kebiasaan untuk secara aktif dalam membangun keamanan lingkungan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan kerja dan masyarakat. Bila sense of intelijen dan sense of security bertumbuh dengan baik dalam diri setiap personel Angkatan Udara, maka kita akan mampu mengantisipasi berbagai kemungkinan negatif yang akan timbul, ujarnya. 

Terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2014, Aspam Kasau menegaskan, untuk terus meningkatkan kewaspadaan agar tidak mudah terpengaruh atau terpancing oleh isu-isu maupun provokasi dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Diingatkan juga, agar seluruh personel militer memegang teguh komitmen netralitas TNI yang telah disepakati bersama. Jangan menggunakan fasilitas negara untuk melaksanakan kegiatan terkait dengan kepentingan salah satu parpol peserta Pemilu. Lakukan check and recheck seluruh peredaran barang melalui angkutan TNI AU.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel