Berita

Assessment Test Personel jajaran Diskuau Batch II.

Oleh 17 Okt 2014 No Comments
#TNIAU 

Dinas Psikologi Angkatan Udara, Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, telah melaksanakan assessment test terhadap 21 orang Perwira dari jajaran Diskuau. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari kerja yakni pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2014, diikuti 2 Perwira berpangkat Kapten, 3 Perwira berpangkat Letnan Satu dan 16 Perwira berpangkat Letnan Dua. Sesuai Perintah  Kadispsiau nomor sprin/500/X/2014 kegiatan ini melibatkan 23 personel Dispsiau dan diperkuat 3 orang personel  Psikologi dari Lakespra Saryanto, Sekkau dan Makodikau.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan untuk yang kedua kalinya ini adalah untuk membantu Kadiskuau dalam rangka pembinaan fungsi teknis di jajaran administrasi keuangan dan menunjang pelaksanaan tugas-tugas sebagai personel dibidang keuangan. Dari hasil  Assessment Test tersebut peserta diproyeksikan mampu mengawaki posisi sebagai Pekas di jajaran Diskuau. Tujuan dari Assessment Test  ini adalah untuk mengetahui/ mengukur  potensi/  kompetensi yang dimiliki peserta untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bidang tugasnya.  Untuk mengetahui dan mengungkap hal tersebut maka para peserta wajib mengikuti kegiatan paper and pencil test, Leaderless Group Discussion dan Wawancara individual.

Ketua Pelaksana Assessment Test Kolonel Kes. Drs. V. Agus sriyanto M.Si.menjelaskan bahwa potensi/ kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh seorang Pekas meliputi kemampuan berpikir diantaranya kemampuan menangkap inti persoalan, menganalisa dan membuat kesimpulan. Seorang peserta juga harus mampu mengelola tugas diantaranya mampu bekerja dalam rentang waktu yang panjang dibawah stressor tertentu. Ia juga harus mampu mengelola hubungan, diantaranya mampu menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orang lain. Selain itu ia juga harus mampu mengelola dirinya, diantaranya mampu  mengendalikan emosinya dan memiliki integritas.  Hasil dari kegiatan ini berupa gambaran/ deskripsi tentang seorang peserta, bahkan sampai pada kesimpulan dapat direkomendasikan atau tidak direkomendasikan untuk memangku jabatan Pekas di lingkup jajaran keuangan. 

Komentar