Berita

ATLIT TERBANG LAYANG LIMA PROVINSI UJI LANDASAN LANUD SURYADARMA

Dibaca: 65 Oleh 28 Sep 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Pusat Pendidikan dan Latihan Terbang Layang (Pusdikterla) yang terletak di Pangkalan TNI Angkatan Udara Suryadarma, Kalijati pada tahun 2010 ini mendapat kehormatan dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) khususnya Persatuan Olah Raga Terbang Layang (Pordirga Terla) dengan dijadikannya sebagai tuan rumah kejuaraan nasional (kejurnas) olah raga tersebut pada tanggal 9 sampai 19 Oktober 2010 mendatang. Untuk menguji kemampuannya di lokasi kejurnas para atlit sebagai peserta kejurnas dari lima provinsi yaitu Provinsi Papua, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Riau, Sabtu-Minggu (25-26/9) mengadakan terbang penyegaran di Landasan Lanud Suryadarma. Sekitar lima belas atlit berlatih di Landasan Lanud Suryadarma dengan leluasa karena tidak ada aktivitas penerbangan dari Pesawat Helikopter.

 

Menurut salah seorang pelatih senior dari Provinsi Jawa Barat, Rukmana terdapat beberapa kendala bagi atlet terbang layang dalam melakukan latihan menjelang Kejurnas yaitu dana yang umumnya tersendat untuk mendukung latihan, cuaca yang tidak menentu juga waktu yang mendesak serta pelaksanaan latihan yang harus segera dilaksanakan sebagai bentuk persiapan kejurnas. “Semangat atlet berlatih tinggi, namun terdapat beberapa hambatan seperti faktor alam, dana dan waktu yang tidak lancar seperti yang diharapkan para atlet dalam berlatih”, ujar Pelatih Rukmana.

 

Hal tersebut dialami pula salah seorang atlet Jawa Barat Ina Kusmina (35) yang kini tinggal di Jakarta Timur. Tiap Sabtu dan Minggu ia harus ada pada pagi hari di Landasan Lanud Suryadarma, Kalijati untuk berlatih Terbang Layang. Namun karena ikatan emosional dengan propinsi serta harapan-harapan ketika nantinya mendapatkan nomor dalam kejurnas tersebut membuat motivasi berlatihnya tetap tinggi.

 

Hingga kini beberapa atlet yang telah mempersiapkan diri berlatih antara lain Provinsi Jawa Timur 4 atlet, Propinsi Sumatera Selatan 2 atlet, Propinsi Jawa Barat 6 atlet, Propinsi Riau 2 atlet dan Propinsi Papua 5 atlet. Mereka di dukung oleh enam personel Pusdikterla menggunakan 4 glider dan 1 Pesawat Gelatik untuk menarik glider ke udara yang berlatih dari pukul 09.00-14.00 WIB. Dalam kegiatan terbang layang tersebut didukung pula oleh beberapa unsur Lanud Suryadarma dan Pusdikterla yaitu teknisi, tower Pengatur Lalu Lintas Udara, dispatch dan crash team.

Baca juga:  PESAWAT TNI AU HANCURKAN SASARAN DI ASEMBAGUS

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel