TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Atraksi Udara TNI AU Meriahkan Makassar International Eight Festival And Forum 2017

By 08 Sep 2017Berita
logo-tni-au-featured-1600×900

Untuk kedua kali, Lanud Sultan Hasanuddin ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang akan diselenggarakan Pemerintah Kota Makassar mulai tanggal 6 sampai dengan 10 September di Anjungan Pantai Losari, Makassar.

Saat pembukaan tersebut, The Jupiters menunjukkan kehebatannya memukau pengunjung pada pembukaan F8 saat melakukan akrobat yang menegangkan di udara dengan menggunakan enam pesawat KT-1B Wong Bee buatan Korea Selatan dengan ciri khas warna merah putih.

Sekitar 15 menit The Jupiters melakukan serangkaian formasi terbang, berputar 360 derajat, menukik tajam hingga terbang serendah mungkin.

Atraksi The Jupiters dibawah leader Letkol Pnb Muhammad Kisha “Razor” melakukan manuver sambil mengeluarkan asap dari belakang pesawat.

The Jupiters merupakan salah satu tim aerobatik milik TNI AU, yang anggotanya adalah para instruktur penerbang dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisucipto Yogyakarta.

Ribuan masyarakat Makassar sekaligus ratusan delegasi dari beberapa negara yang mengikuti F8 berdecak kagum dan sebagian penonton terkejut dengan suara raungan yang dihasilkan mesin pesawat.

Masyarakat juga dikejutkan dengan atraksi flypass tiga pesawat tempur Sukhoi SU-27/30 yang berhome base di Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin dengan beberapa manuver dan terbang rendah di atas langit Pantai Losari.

Saat pembukaan, hadir pula Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, Pangkoopsau II Marsda TNI Yadi Indrayadi Sutanandika, M. SS., Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Ir. Teddy Rizalihadi, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E., Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo serta para pejabat Pemkot Makassar dan undangan lainnya.

Selain atraksi manuver The Jupiters dan pesawat tempur Sukhoi juga dilaksanakan atraksi paramotor dari Fasida Sulsel dan terjun payung dari anggota Wing II Paskhas

Atraksi 10 penerjun payung dibawah komando Komandan Batalyon 466 Paskhas Letkol Pas Wendy Bachtiar yang membawa beberapa bendera diantaranya bendera Merah Putih, bendera TNI Angkatan Udara, bendera Koopsau, dan bendera logo F8.

Kegiatan ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan pemkot Makassar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna memaksimalkan dan mendongkrak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Adapun festival yang ditampilkan berupa food, fashion, florist, film, fine art, folks, fusion jazz, fiction writers.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Atraksi Udara TNI AU Meriahkan Makassar International Eight Festival And Forum 2017