Berita

AU Buat Hujan Buatan

Dibaca: 22 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Dua Hercules dan Dua Helikopter TNI AU Bantu Atasi Kebakaran Hutan

 
Untuk memadamkan beberapa titik api yang mengakibatkan kepulan asap pekat yang mengganggu kehidupan masyarakat dan penerbangan di daerah Riau, Sumatera Selatan dan Kalimantan, Angkatan Udara bekerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) mendukung dua pesawat membuat “Hujan Buatan” dan menyiapkan “Water Bom” untuk mengatasi kebakaran hutan. Tim Hujan Buatan, Selasa (29/8) dari Halim Perdanakusuma telah diberangkatkan menuju Padang,
 

Pada tahap pertama, kegiatan hujan buatan akan dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 29 Agustus sampai 7 September 2006 dengan markas di Lanud Padang dan Lanud Pekanbaru serta Komandan Lanud Padang, Letkol Pnb Djamaludin ditunjuk sebagai Komando Pelaksana Operasi.
 

Angkatan Udara melibatkan dua pesawat C-130 Hercules yang dilengkapi peralatan hujan buatan yang akan digunakan untuk menebarkan bahan kimia pembuat hujan jenis NACL (Natrium Clorida) sebanyak 40 Ton yang dilakukan selama sepuluh hari berturut-turut. Sementara itu untuk menjatuhkan bom air dalam upaya memadamkan titik api, setiap sorti penerbangan pesawat Hercules mengangkut 10 ton air yang dimasukkan ke dalam kantong air sebanyak 1.500 liter dari ketinggian 150-200 meter yang akan disesuaikan dengan kilatan api.
 

Baca juga:  Anggota Lanud Surabaya Bersihkan Koba di Bandara Juanda

Dalam menghadapi kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan untuk mendukung BPPT dalam kegiatan pembuatan hujan buatan, selain pesawat Hercules, Angkatan Udara menyiagakan dua helikopter untuk membantu Pemerintah Daerah setempat masing-masing satu helikopter Twin Pack di Lanud Pekanbaru dan satu helikopter Puma di Lanud Supadio.

Penanggulangan kebakaran dengan hujan buatan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara merupakan upaya kedua untuk memadamkan kebakaran hutan setelah masyarakat dan aparat setempat melakukan pemadaman dengan tenaga manusia yang sulit dijangkau dengan perjalanan darat.

AU Buat Hujan Buatan

AU Buat Hujan Buatan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel