Berita

”Ayo Bangkit Bersama”: Peringatan ke-114 Hari Kebangkitan Nasional

Dibaca: 21 Oleh 20 Mei 2022Tidak ada komentar
IMG 1248
#TNIAU 

TNI AU.  Kapoksahlli Kodiklatau Marsma TNI Djoko Tjahjono, S.E., M.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan ke-114 Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022 di Makodiklatau, Jakarta Timur. Jumat, (20/5/2022). Upacara yang digelar di lapangan apel Kodiklatau diikuti seluruh anggota Kodiklatau baik militer maupun PNS.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate yang dibacakan Kapoksali menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada tahun 2022 mengusung tema ”Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar masyarakat bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang telah melanda selama dua tahun terakhir.

Lebih lanjut Menkominfo menegaskan pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Dimana saat itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan serta diharapkan dengan semangat persatuan yang digagas Boedi Oetomo menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

”Berdirinya Boedi Oetomo bertujuan untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan serta telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” tegasnya.

Baca juga:  Danpusdiklat Paskhas Mengikuti Acara Ceramah Dan Do’a Bersama Hut Ke-74 Korpaskhas

Diakhir sambutan Menkominfo menambahkan ”Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang semakin membaik dan Presidensi G-20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, dunia pulih bersama, Ayo Bangkit Lebih Kuat!”

Upacara berlangsung tertib dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yang diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan Pancasila, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca Prasetya Korpri.

IMG 1265

IMG 1199

IMG 1219

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel