Berita

Ayo ke “Museum Pesawat”

Dibaca: 86 Oleh 19 Des 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

“saya lebih kenal dengan nama museum pesawat. Teman-temanpun menyebutnya demikian, karena yang saya tahu disini koleksinya banyak pesawat-pesawat. Dan kemarin sebelum ujian kami telah merancanakan Museum pesawat ini sebagai tujuan utama berkunjung ke Kota gudeg ini. Demikian kata maisaroh salah satu pengunjung Muspusdirla TNI AU.

Museum Pusat TNI Angkatan Udara ”Dirgantara Mandala” Adalah museum pesawat terbang dan Alusita TNI AU terbesar di Asia Tenggara. Dengan menyimpan 42 pesawat terbangnya yang terbagi dari 36 di bagian dalam dan 6 dibagian luar. Koleksi yang dipamerkan merupakan bukti sejarah kejayaan indonesia di era tahun 50-an. Tercatat koleksi dari berbagai negara seperti : Amirika, Perancis, inggris, Australia, Uni soviet dan indonesia sendiri.

Di musim liburan seperti ini, tutur Kepala Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Letkol Sus Drs. Sudarno di ruang kerjanya Rabu (19/12), museum Dirgantara Mandala banyak dikunjungi para wisatawan. Wisatawan tidak hanya datang dari sekolahan dari Yogyakarta saja, namun sekolahan dari berbagai kota dari Jawa tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, bahkan luar Jawa seperti dari Sumatra, menjadikan Museum Dirgantara Mandala sebagai tujuan utama kunjungan wisata. Masih menurut beliau museum ini menduduki peringkat ke empat dalam jumlah pengunjung setelah Keraton yogyakarta, benteng Vrendenburg, Monumen Yogya kembali dan Museum pusat TNI AU Dirgantara mandala.

Baca juga:  Hargai Jasa Pahlawan Salah Satunya dengan Ziarah ke Makamnya

Seperti pada hari Rabu 19/12, dalam buku pengunjung telah tercatat, 1.027 jiwa. Hal ini akan semakin ramai ketika datangnya akhir pekan dan menjelang liburan. Ketika tim Pentak menyempatkan diri berkunjung, Serombongan anak-anak kelas 9 yang berjumlah 230 orang dari SMP Nurul Islam Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah telah menikmati suasana Museum Dirgantara mandala. Bapak Suradi salah satu guru disekolah tersebut menyampaikan bahwa hampir bisa dipastikan bahwa Sekolahan kami mempunyai agenda rutin untuk mengunjungunjungi obyek wisata ini.

Selain memamerkan koleksi pesawat, museum juga memajang aneka koleksi seperti barang-barang peninggalan para pahlawan TNI Angkatan Udara, diorama, miniatur pesawat, peluru kendali, senjata penangkis serangan udara dan patung-patung tokoh TNI Angkatan Udara.Di museum ini anak- anak bisa melihat dengan dekat saksi-saksi mata dimana para pahlawan merebut dan memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Dengan berkunjung ke Museum Dirgantala Mandala diharapkan anak-anak akan tumbuh jiwa kecintaan akan dirgantara dan belajar sejarah perjuangan bangsa, melalui peninggalan para pahlawan”. Lanjut Bapak suradi salah satu guru di SMP Nurul Iman Gemplak Boyolali.

Baca juga:  Danlanud RHF Terima Kunjungan Kerja Pangkogabwilhan I di Tanjungpinang

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel