halaman

Bab I : PENDAHULUAN

Dibaca: 256 Oleh 10 Jan 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

TENTARA NASIONAL INDONESIA
MARKAS BESAR ANGKATAN UDARA

Lampiran Keputusan KSAU
Nomor Kep / 3 / IV / 2007
Tanggal 9 April 2007

 

DOKTRIN TNI ANGKATAN UDARA
SWA BHUWANA PAKSA

BAB I

PENDAHULUAN

1. Umum.

a. Di dalam pasal 10 Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, Angkatan Udara melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi, serta melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara  melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.   Atas dasar amanat tersebut, TNI Angkatan Udara telah membuktikan peran dan fungsinya secara aktif dalam menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan dan hambatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah negara serta keselamatan bangsa.   Wilayah Kedaulatan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sangat luas harus diimbangi dengan kekuatan dan kemampuan TNI termasuk TNI Angkatan Udara yang secara kuantitas dan kualitas memenuhi kebutuhan operasional dan modern, sehingga mampu berperan sebagai alat pertahanan negara di udara yang andal.

b. TNI Angkatan Udara sebagai bagian integral dari TNI dalam upaya pertahanan negara, dengan  sifat  khasnya  yang  padat  materiil  dan  sarat  teknologi,  harus selalu dan terus menerus diupayakan untuk dipelihara serta dibina kekuatan dan kemampuannya, agar dapat  melaksanakan peran,  fungsi dan tugasnya dalam sistem pertahanan negara.   Untuk menjamin keberhasilan baik pembinaan maupun penggunaan kekuatan, maka diperlukan suatu pedoman yang harus dijiwai dan dipahami oleh setiap personel TNI Angkatan Udara dan TNI lainnya, berupa Doktrin TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa, yang sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.


2. Maksud dan Tujuan.   

a. Maksud.   Doktrin TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa dimaksud-kan untuk memberikan pemahaman tentang nilai-nilai juang TNI Angkatan Udara, peran, fungsi, dan tugas TNI Angkatan Udara sebagai alat pertahanan negara, serta strategi pembinaan dan penggunaan kekuatan udara untuk dijadikan sebagai pedoman pada tataran strategis. 

b. Tujuan.   Disusunnya Doktrin TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa bertujuan  untuk mewujudkan kesatuan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam rangka pembinaan kemampuan dan penggunaan kekuatan, agar dapat menjamin keberhasilan tugas TNI Angkatan Udara, baik pada Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).  


3. Ruang Lingkup dan Tata Urut.   Ruang lingkup Doktrin TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa meliputi hal-hal mendasar dan menjiwai keberadaan TNI Angkatan Udara yang dihadapkan kepada ancaman, dalam rangka pembinaan kekuatan dan  kemampuan serta penggunaan kekuatan, yang disusun dengan tata urut sebagai berikut :

a. Bab I Pendahuluan.

b. Bab II Sejarah Perjuangan TNI Angkatan Udara dan Dasar Pemikiran.

c. Bab III Pokok-Pokok Kekuatan Udara.

d. Bab IV Peran, Fungsi dan Tugas TNI Angkatan Udara.

e. Bab V Ancaman. 

f. Bab VI Pembinaan Kekuatan dan Kemampuan TNI Angkatan Udara.

g. Bab VII Penggunaan Kekuatan TNI Angkatan Udara.

h. Bab VIII Tataran Kewenangan dan Tanggung Jawab serta Komando dan Kendali.

i. Bab IX Penutup.


4. Kedudukan.   Doktrin TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana  Paksa merupakan doktrin dasar yang bersifat konseptual strategis serta berkedudukan sebagai sumber bagi perumusan buku-buku pada petunjuk tataran di bawahnya. 


5. Dasar.    Dasar-dasar  yang digunakan dalam penyusunan Doktrin TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa meliputi :

a. Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945.

b. Undang-Undang RI Nomor 23/Prp Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya.

c. Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

d. Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

e. Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/2/I/2007 tanggal 12 Januari 2007 tentang Doktrin TNI Tri Dharma Eka Karma.

Baca juga:  PDH

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel