Berita

Babinpotdirga Lanud Supadio Siaga Karhutla

Dibaca: 10 Oleh 15 Feb 2021Tidak ada komentar
Babinpotdirga Lanud Supadio Siaga Karhutla
#TNIAU 

TNI AU. Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) Lanud Supadio, terus siaga dalam upaya menanggulangi bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhuta).  Salah satunya yang dilakukan bersama Babinsa dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Limbung, Kabupaten Kubu Raya, yaitu melakukan pemadaman api sebagai akibat pembukaan lahan secara tradisional dengan pembakaran, yang berlangsung di Dusun Sidomulyo, Kubu Raya, Sabtu, (13/02/2021).

Selain mensosialisasikan Pembinaan Potensi Dirgantara, para Babinpotdirga Lanud Supadio juga melaksanakan fungsi pembinaan teritorial lainnya. Dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada para penggarap yang membuka lahannya dengan cara pembakaran.

“Mereka menghimbau jika cara tradisional yang dilakukan tersebut sangat berpotensi terhadap terjadinya bencana kebakaran dan kabut asap serta menyampaikan adanya sanksi pidana terhadap para pembakar lahan,” ujar Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Supadio, Letkol Sus MH Deni Abdullah, S.Ag.

Diharapkan, lanjutnya, dengan edukasi yang sering disampaikan, dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat sekaligus menjadi solusi, khususnya dalam teknik pembukaan lahan pertanian dan perkebunan yang lebih baik.

“Tentunya tanpa menimbulkan bencana lanjutan, serta meningkatkan hasil produksi pertanian maupun perkebunan,” paparnya.

Melalui sosialisasi yang masif, ujar Letkol Sus MH Deni, maka setidaknya meminimalisir atau bahkan menghilangkan kebiasaan masyarakat, karena ada ancaman sanksi hukum kepada pelanggar perusak ekosistem.

“Hal ini akan lebih ditekankan kembali, karena bukan sekedar peran sinergitasTNI-Polri saja, namun juga seluruh elemen pemerintah setempat, tokoh masyarakat, tokoh adat ,dan tokoh agama, agar lebih memperhatikan pentingnya lingkungan yang sehat bebas dari kabut asap,” kata Kapen Lanud Supadio.

Untuk itu, ujarnya, Babinpotdirga Lanud Supadio, terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui peningkatkan produktifitas dan kinerja dari bidang pertanian dan perkebunan, terutama dengan mensosialisasi teknik menggarap lahan, menurut prosedur pertanian, yang ramah lingkungan.

“Ini bisa memacu semangat masyarakat karena akan terwujud swasembada pangan, karena adanya peningkatkan produktifitas para petani, sehingga masyarakat bisa semakin sejahtera,” tuturnya.

“Saat ini, sudah masuk musim kemarau, banyak lahan garapan masyarakat, yang biasanya dilakukan dengan membakar lahan. Imbauan sekalian peringatan dilakukan Babinpotdirga Lanud Supadio, agar masyarakat tidak membakar lahan yang akan berdampak lingkungan yang tidak sehat, sebagai gejala bencana kabut asap dan merusak ekosistem lainnya serta mengganggu aktifitas penerbangan,” pungkas Kapen Lanud Supadio. 

Babinpotdirga Lanud Supadio Siaga Karhutla

Babinpotdirga Lanud Supadio Siaga Karhutla

Baca juga:  Lanud Maimun Saleh seleksi 2 calon peserta didik SMA Pradita Dirgantara (PPDB)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel