Berita

Babinpotdirga Lanud ZAM Peduli kepada Masyarakat

Dibaca: 7 Oleh 25 Nov 2020November 26th, 2020Tidak ada komentar
Babinpotdirga Lanud ZAM Peduli Kepada Masyarakat
#TNIAU 

TNI AU. Kegiatan Babinpotdirga Lanud ZAM Serda Ahmad Safwan melaksanakan tinjau perkembangan dan pembangunan bendungan di Desa Meninting Bukit Tinggi Kec. Gunung Sari Lombok Barat Nusa Tenggara Barat (NTB). Selasa (24/11/2020).

Dalam pemantauan wilayah yang di laksanakan Babinpotdirga Lanud ZAM Serda Ahmad Safwan sesuai dengan daerah teritorial, dilaksanakan untuk mengatasi kekeringan sawah masyarakat khususnya  di daerah Lombok Barat Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya jika sejak awal upaya kesiapsiagaan dan mitigasi bencana kekeringan belum terbangun dengan baik, tentu persoalannya menjadi rumit dan tidak sederhana. Bencana kekeringan, selain berisiko mengancam ketahanan pangan, juga dikhawatirkan memicu munculnya masalah krisis air bersih. Lebih parah lagi, kekeringan yang terjadi dalam jangka panjang dapat menyebabkan pendalaman kemiskinan.

Pengalaman telah banyak membuktikan, kelompok rentan yang paling terkena dampak kekeringan adalah masyarakat miskin di pedesaan. Belakangan ini, warga di sejumlah permukiman mulai mengeluh kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Krisis air bersih yang disebabkan kekeringan, dalam banyak kasus sering kali memaksa masyarakat yang lemah secara ekonomi membeli air bersih. Situasi ini akan semakin berat, jika musim kemarau berlangsung dalam jangka panjang. Risikonya, bagi sebagian masyarakat yang membeli air bersih akibat dampak kekeringan, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Baca juga:  Lanud El Tari Kembali Dipercaya dalam Pelatihan Bela Negara

Tidak kalah pentingnya adalah perencanaan, penganggaran, dan koordinasi antar lintas sektor harus berjalan secara sinergis dan terintegrasi. Tidak bisa dilakukan secara sektoral dan temporal. Sebab, sebagai bencana yang terjadi setiap tahun, praktik mitigasi dan adaptasi menghadapi kekeringan juga perlu diperkuat untuk meningkatkan ketangguhan masyarakat.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel