Berita

Bahaya Nubika Bagi Personel yang Bersinggungan

Oleh 01 Des 2019 Tidak ada komentar
Bahaya Nubika Bagi Personel yang Bersinggungan
#TNIAU 

TNI AU. Bahaya Nubika (Nuklir, Biologi dan Kimia) setiap saat dapat menimpa prajurit, khususnya mereka yang bidang tugasnya berhubungan dengan bahan-bahan kimia, seperti personel kesehatan.

Mengantisipasi hal tersebut, 20 prajurit Diskesau (Dinas Kesehatan TNI AU), mendapat pelatihan penanganan korban Nubika. Pelatihan berlangsung 3 hari, sejak Jum’at (29/11/2019) dan dilaksanakan di Markas Kompi Zeni Nubika TNI AD, Parung Bogor. Latihan ditutup oleh Kasubdis Binprof Diskesau Kolonel Kes drg. Agus Sobar mewakili Kadiskesau.

Pelatihan ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan personel Diskesau agar siap dalam menghadapi bahaya Nubika, baik dalam masa damai maupun perang.

Bahaya Nubika dapat datang kapan saja, seperti kecelakaan saat pengangkutan zat kimia, kebocoran tangki bahan kimia, penyalahgunaan Nubika oleh teroris atau dalam situasi konflik militer.

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan praktek melakukan mitigasi dan ekstraksi terhadap korban Nubika. Peserta juga diperkenalkan penggunaan pakaian khusus seperti high safety level A untuk tindakan Mitigasi dan impremeable level B untuk tindakan Ekstraksi.

Setelah Ekstraksi, dilaksanakan tindakan Triase untuk memilah korban dan dilanjutkan Dekontaminasi untuk menghilangkan zat kimia pada korban. Setelah itu dilanjutkan dengan bekal ulang mengganti pakaian dan diakhiri dengan evakuasi medis ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel