Berita

Bakorda AU Bandung Peringati ke-65 Hari Bakti TNI AU

Dibaca: 4 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Puncak peringatan hari Bakti ke-65 TNI AU tahun 2012 digelar di lapangan merah Makorpaskhasau Lanud Sulaiman, (29/7) dengan inspektur upacara Wadan Korpaskhasau Marsekal Pertama TNI M.B Manurung. Tahun ini Lanud Sulaiman mendapat kehormatan dari Bakorda Angkatan Udara Bandung sebagai panitia pelaksana kegiatan hari Bakti TNI AU ke-65 jajaran Bakorda Bandung.

KSAU Marsekal TNI Imam Sufaat S.IP dalam amanatnya yang dibacakan Marsma TNI M.B Manurung menyampaikan bahwa peringatan Hari Bakti tidak sekedar kegiatan seremonial belaka, namun selalu dimaknai sebagai starting point peningkatan pengabdian TNI AU kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tantangan tugas TNI Angkatan Udara kedepan tidak semakin ringan, sehingga setiap prajurit TNI Angkatan Udara dituntut untuk mampu mencermati dan mengantisipasi setiap perkembangan dan dinamika yang terjadi di masyarakat. “ Saya harapkan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa 29 juli 1947, dapat dijadikan tuntunan sekaligus pedoman prajurit TNI AU dalam menjalankan fungsi dan perannya dalam melaksanakan tugas kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat, “ kata KSAU.

KSAU pun menekankan bahwa TNI Angkatan Udara tidak pernah ragu mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki untuk ambil bagian dalam operasi bencana kemanusiaan khususnya pada saat menghadapi bencana alam dan musibah, baik di dalam maupun diluar negeri. Terkait dengan ini maka upaya modernisasi alutsista dan peningkatan kualitas SDM TNI AU juga ditujukan agar kemampuan kita dalam menanggulangi bencana kemanusiaan bisa meningkat dalam kuantitas maupun kualitas.

“Saya perintahkan agar seluruh prajurit TNI AU meningkatkan kepedulian sosial dan jangan ragu untuk menyingsingkan lengan baju membantu warga masyarakat yang memerlukan bantuan, khususnya masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana alam maupun musibah lainnya. Saya tegaskan bahwa kepedulian sosial harus menjadi salah satu karakter prajurit TNI Angkatan Udara dimanapun berada dan bertugas, “ tegas KSAU .

Menjelang puncak kegiatan tersebut, Bakorda AU Bandung mengadakan berbagai rangkaian kegiatan berupa bakti sosial yang telah dilaksanakan. Diantaranya, melaksanakan kegiatan donor darah yang digelar di dua tempat secara bersamaan, yaitu di gedung balai prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman dan di Lanud Husein Sastranegara Bandung. Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Komandan Korpaskhasau Marsda TNI Amarullah, Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio, Komandan Depohar 70 Kolonel Tek Hanafi , Komandan Depohar 40 Kolonel Lek Farid Hidayat, S.T, Dan Wing III Paskhas Kolonel Psk Yudi Bustami, dan para pejabat TNI AU di jajaran Lanud Sulaiman.

Pihak rumah sakit Lanud Sulaiman berhasil menjaring pendonor darah yang berpartisipasi di Lanud Sulaiman dengan jumlah 241 kantong labu. Sementara itu, di Lanud Husein Sastranegara yang juga dihadiri Dankoharmatau Marsda TNI Waliyo, Wadan Koharmatau Marsma TNI M. Yunus, Kadislitbangau Marsma TNI Edi Yuwono, para anggota TNI AU, dan Wara terkumpul sebanyak 120 kantong labu.

Selanjutnya, kegiatan bakti sosial berupa pelayanan dan pengobatan gratis atau cuma-cuma diberikan kepada warga masyarakat desa Mekarwangi kecamatan Sindang Kerta Kabupaten Bandung Barat meliputi pengobatan umum, khitanan missal, operasi katarak, dan pelayanan KB. Data yang diperoleh dari Kepala Rumah Sakit Lanud Sulaiman, untuk pengobatan umum tercatat 891 orang berobat ke Poli Umum, 22 anak dikhitan dan pelayanan KB sebanyak 70 orang yang terbagi atas pelayanan KB Inflan sebanyak 46 0rang, IUD 4 orang, dan MOP 20 orang. Sedangkan operasi katarak sebanyak 74 orang.

Juga telah dilaksanakan pula anjangsana ke panti asuhan Nurul Fallah di Soreang dan Budi Luhur Alma di Taman Kopo Indah dengan penyerahan tali asih berupa sembako. Kegiatan terakhir menjelang puncak peringatan hari bakti, yaitu upacara ziarah ke taman makam pahlawan Cikutra Bandung. “Dilandasi Nilai Peristiwa 29 Juli 1947, TNI AU Bertekad Meningkatkan Darma Baktinya Kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Demikian Tema Peringatan Hari Bakti ke-65 yang diusung pada tahun ini.

Baca juga:  Halal Bihalal di Wingdiktekkal

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel