Berita

Baksos RSPAU Bersama Walubi Peringati Hari Waisak 2563 BE/2019 di Candi Borobudur

Oleh 17 Mei 2019 No Comments
Thumbnail
#TNIAU 

TNI AU.  Dalam rangka menyambut Waisak 2563 BE/2019  RSPAU dr. S Hardjolukito ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bhakti sosial kesehatan di pelataran Candi Borobudur yang di selenggarakan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) (14/05). Kegiatan Bhakti Sosial ini melayani pengobatan gratis bagi masyarakat di sekitar candi Borobudhur meliputi Poli Umum, Poli Anak, Poli Mata (operasi katarak), Bedah minor/bibir sumbing/benjolan, Poli Gigi (tambal, cabut, scalling). Kegiatan ini adalah rutin dilaksanakan oleh TNI AU/RSPAU dan Faskes lainnya bersama WALUBI pada setiap tahunnya. Dalam kesempatan ini Tim Medis RSPAU di pimpin Langsung oleh Ka RSPAU Marsma TNI DR.dr. Isdwiranto Iskanto.Msc.Sp.BS(K).,Sp.KP. Kegiatan kali ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 14-15 Mei 2019. Bertempat di venue Taman Lumbini Candi Borobudur, kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 2019 ini di ikuti oleh seluruh warga di sekitar candi Borobudur.

Antusiasme warga terlihat dari banyaknya warga yang berobat dan rela antre sejak pagi pukul 07.00 WIB. Untuk hari pertama jumlah pasien yang berobat adalah 2.971 pasien dengan rincian pasien umum  1.381 orang, pasien gigi  641 orang, Bedah Minor 127 orang, penyakit mata  822 orang. Sedangkan untuk hari kedua terdapat pasien dengan penyakit umum 1.234 orang,penyakit gigi  607 orang, Operasi Bedah Minor 111 Orang dan penyakit mata 575 orang sehingga jumlah total pasien hari kedua 2.527 orang. Sehingga Total pasien dalam giat Bhaksos Pengobatan gratis dalam rangka hari raya waisak tahun ini adalah sejumlah 5.498 orang.

Dalam kegiatan kali ini RSPAU mengirimkan beberapa tenaga medis diantaranya Kolonel drg. Agus Mulato Sp.BM, sebagai dokter bedah mulut, Letkol Kes dr. Dedy Afandi CN., M.Kes., Sp.A., sebagai dokter anak, Letkol Kes drg. Purnama Jaya, Sp. PM., sebagai spesialis penyakit mulut, PNS dr. Santi Widya Sp.M, sebagai spesialis mata dan beberapa dokter umum serta paramedis dan tenaga pendukung lainnya. Di sela-sela kegiatan ini Letkol Kes drg. Purnama Jaya, Sp.PM. menyampaikan bahwa pasien poli gigi pada hari pertama mencapai lebih dari 600 pasien dan pada hari kedua mencapai 607 pasien. Jumlah pasien pada kegiatan tahun ini kali ini hampir sama dengan jumlah pasien tahun lalu . Selain RSPAU tahun ini kegiatan Bhaksos ini diikuti oleh Diskesau, Faskes TNI AD, Dinkes kab.Magelang, RST TK II dr.Sujono Magelang, RSUP dr.Sardjito Yogyakarta, RS Suci Paramitha Tanggerang dan Universitas Gajah Mada.

Turut hadir pada hari pertama kegiatan ini Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M.,Kapolda Jateng Irjen Pol Dr.H.Ryco Amelza Dahniel Msi, Ka RSPAU dr.S.Hardjolukito Marsma TNI DR.dr.Isdwiranto Iskanto.Msc.,Sp.BS(K).,Sp.KP, Kasubdis Yankes Diskes AU Kolonel Kes dr.M. Roikhan Harowi Sp.THT KL M.Kes.,  dan ketua umum WALUBI Dra. Sri Haryati Murdaya serta para pejabat Forkominda Jawa  Tengah.

 

Terkait

Komentar