Berita

Baku Tembak di Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 5 Oleh 27 Mar 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Berdasarkan laporan hasil pengamatan personel Intelpam bahwa ada pergerakan dari sekelompak orang yang akan berusaha menguasai aset milik Lanud Sjamsudin Noor. Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., segera memerintahkan Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud SAM Mayor Lek Petrus Prihatin, S., untuk mengambil tindakan guna mempertahankan keutuhan aset Lanud SAM, Selasa (25/03). 

Menindaklanjuti perintah Danlanud SAM, Kadisops Lanud SAM Mayor Lek Petrus Prihatin dengan strategi dan kesiapan yang telah dipersiapkan segera memimpin pasukan Hanlan disertai pasukan berkekuatan satu SSK dengan peralatan dan senjata lengkap untuk secara serentak melaksanakan patroli ke seluruh aset lanud Sam yang letaknya berpencar-pencar dengan jarak yang cukup berjauhan. Patroli dimulai dari AWR Dwi Harmono yang berjarak kurang lebih 45 Km dari Mako Lanud Sam. Karena kondisi dinyatakan aman maka dilaksanakan latihan menembak kepada seluruh pasukan Lanud Sam guna mengasah kemampuan menembak bilamana sewaktu-waktu digunakan. 

Setelah selesai melaksanakan latihan menembak segera dilanjutkan patroli aset lanud Sam yang terletak di wilayah Banjarbaru dan Loktabat yang berjarak kurang lebih 60 Km dari AWR Dwi Harmono dan berjarak 15 Km dari Mako Lanud Sam. Selesai melaksanakan patroli seluruh pasukan melaksanakan konsulidasi dan dinyatakan aman maka pasukan segera kembali ke Mako Lanud SAM. 

Ketika pasukan memasuki gerbang Mako Lanud SAM tiba-tiba dihadang oleh tembakan yang berasal dari dalam Mako Lanud Sam yang ternyata adalah sekelompok orang bersenjata yang diperkirakan berkekuatan satu SSK yang sudah menduduki dan menguasai Mako Lanud Sam. Setelah terjadi baku tembak dalam pertempuran sengit, Mako Lanud Sam beserta seluruh aset dapat dikuasai dan sekelompok orang bersenjata yang menguasai Mako Lanud Sam dapat dilumpuhkan. 

Demikianlah, kegiatan tersebut merupakan bagian dari skenario Latihan Hanlan (Pertahanan Pangkalan) dan menembak yang dilaksanakan oleh seluruh anggota militer Lanud Sam. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin sekaligus guna mengasah keahlian para masing-masing anggota Lanud Sam dalam melaksanakan menembak dan Pertahanan Pangkalan baik Pangkalan Udara maupun upaya Pertahanan aset. 

Kegiatan menembak kali ini penembak pistol terbaik adalah Letda Kal Mirza Salim Efendi, Pama DP Lanud SAM disusul Lettu Kes Muryanto Widodo, Kaunit Gudang Jangkes Rumkit Lanud Sjamsudin Noor dan Serda Muhadi Anggota Satpomau Lanud SAM. Sedangkan penembak terbaik senjata laras panjang adalah Sertu Agus Subarto, Anggota Dispers disusul Serma Ari Muksin Anggota Senkom dan Serda Etik Purbawatiningsih, BA Perawat Watdok Watum Rumkit Lanud Sjamsudin Noor.

Baca juga:  Kasau Periksa Kesiapan Pasukan HUT TNI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel