TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Balitbang Strahan Laksanakan Focus Group Discussion di Lanud Adisutjipto

2
TNI AU. Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Litbang Peningkatan Pembinaan Teritorial TNI Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Non Militer dari Balitbang Strahan Kemenhan Jakarta yang digelar di Wisma Adi Lanud Adisutjipto, Rabu (2/4). FGD dibuka langsung oleh Kapuslitbang Strahan Laksamana Pertama TNI Agus Rustandi. M.Eng.Sc., MMDS.

 Komandan Lanud Adisutjipto dalam sambutan pengantarnya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Forum Group Diskusi dari Balitbang Pusat Penelitian Strategi Pertahanan untuk penelitian dan pengembangan serta mendiskusikan topik topik tertentu.  Secara lebih luas lagi forum ini sangat bermanfaat untuk memberikan masukan kelompok kerja (pokja) TNI dalam  mendukung pertahanan Negara.

Manfaatkanlah forum diskusi yang sangat berharga ini dengan sebaik-baiknya, karena forum ini dapat menambah pengetahuan, wawasan yang luas  dan dengan demikian sebagai aparatur Negara akan selalu up date terhadap isu-isu yang telah dan akan berkembang dan dengan demikianakan  dapat berperan secara aktif sesuai yang diharapkan,” demikian penekanan Komandan Lanud Adisutjipto kepada para peserta diskusi.

Dalam forum diskusi yang dipaparkan oleh Ketua Pokja Kolonel Tek BRP Sianturi, MBA in Avi Mgmt menyampaikan tujuan dilaksanakan FGD ini adalah untuk mencapai satu visi tentang konsep Binter di lingkungan Kemhan dan TNI yang ditujukan untuk menghadapi ancaman non militer. Litbang yang sedang dilaksanakan saat ini adalah untuk menghasilkan strategi peningkatan pembinaan teritorial dan untuk membangun sistem pertahanan semesta.

Usai paparan dilanjutkan dengan tanggapan perwakilan dari Lanud Adisutjipto, Korem 072/PMK, Lanal Yogyakarta, PTP Kemhan DI Yogyakarta, Bappeda DIY dan dari Fakultas FISIP UPN serta dari Tokoh masyarakat dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Focus Group Discussion dihadiri Kadispers Lanud Adisutjipto, perwakilan dari Korem 072/PMK, perwakilan dari Lanal Yogyakarta, Kepala PTP Kemhan Propinsi Yogyakarta, Kabakesbangpolinmas, Kepala Bappeda DIY, Dekan Fisipol UPN Veteran dan Tokoh Agama serta Tokoh masyarakat lainnya.

 

 

Keterangan gambar : Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M saat menerima plakat dari Puslitbang Strahan yang diserahkan oleh Kapuslitbang Strahan Laksamana Pertama TNI Agus Rustandi. M.Eng.Sc., MMDS. dalam rangka Focus Group Discission di Wisma Adi, Rabu (2/5).

Balitbang Strahan Laksanakan Focus Group Discussion di Lanud Adisutjipto