Berita

Bandara Adisutjipto Didemo

Dibaca: 6 Oleh 07 Jun 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Bandara Adisutjipto, Rabu (6/6) pagi, didemo massa dari beberapa elemen mahasiswa dan LSM. Mereka melakukan orasi menentang rencana pemerintah menaikkan harga BBM. Demo yang semula berjalan tertib mulai terlihat menjurus ke arah anarkisme dan diindikasikan akan menduduki bandara.

Personel TNI AU yang sudah disiagakan sejak awal yang berjumlah 1 kompi dibantu personel Pomau dan pengamanan berusaha menahan gerak maju dari para demonstran dengan membentuk pagar betis secara berlapis. Para pejabat lanud dan Komandan Kompi Cadangan melaksanakan negosiasi dengan pendemo dan menghimbau agar pendemo mundur dan melaksanakan demo secara tertib.

Demo yang semula berjalan tertib, meningkat mengarah ke anarkisme. Massa terus memprovokasi personel TNI AU dan melempari dengan barang-barang yang ada di sekitar mereka. Untuk meredam agar suasan tidak berubah menjadi kacaua, personel pengamanan yang sudah diturunkan sejak awal telah menangkap beberapa orang yang dianggap sebagai provokator. Setelah dilakukan tindakan tegas, perlahan-lahan para pendemo dapat dipaksa mundur dan membubarkan diri.

Demonstrasi yang berlangsung usai Apel Pagi itu merupakan skenario dalam Latihan Pertahanan Pangkalan dan Pengendalian Huru Hara yang digelar di halaman belakang kantor PK-PPK Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta. Kepala Dinas Operasi Pangkalan Udara Adisutjipto, Kolonel Pnb Minggit Tribowo menjelaskan, pelaksanaan Latihan Pertahanan Pangkalan dan Pengendalian Huru Hara merupakan aplikasi dari Teori Formasi Pengendalian Huru Hara tingkat Regu dan Pleton, Teknik Pengendalian Huru Hara serta praktek Latihan Formasi dan Teknik Pengendalian Huru Hara.

Latihan Pertahanan Pangkalan dan Pengendalian Huru Hara, lanjut kepala Dinas Operasi, bertujuan untuk memberikan pengetahuan, penyegaran dan melatih ketrampilan bagi anggota Lanud Adisutjipto dalam mencegah, menangkal dan menggagalkan setiap ancaman keamanan dan pertahanan Lanud Adisutjipto.

Baca juga:  Wing II Paskhas Ikuti Upacara Hari Ibu ke-89 Tahun 2017

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel