Berita

Bandara Internasional Adisutjipto di buka, Hercules C-130 terbang pertama

Dibaca: 19 Oleh 20 Feb 2014Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara, Hercules dengan nomor penerbangan A-1316, Rabu (19/2) jam 12.00 WIB bertolak meninggalkan Base Ops Lanud Adisutjipto menuju Pangkalan Udara Abudrahman Saleh Malang. 

Penerbangan ini menandai dibukanya kembali Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta setelah 5 hari ditutup karena abu vulkanik G Kelud. Take of pesawat Hercules tersebut disusul dengan mendaratnya pesawat Mandala dari Jakarta, Eskspres Air dari Pekanbaru, Asia Air dari Pontianak, dan maskapai lainnya. Sedang Maskapai penerbangan sipil yang sempat bermalam di Yogyakarta akhirnya Garuda berangkat dengan tujuan Jakarta, dan menyusul City Link dan Wing Air. 

Pesawat Hercules A 1316 dari Makasar seyogyanya akan menuju Jakarta akhirnya harus menunggu hingga 5 hari hingga kondisi bandara normal, bersama dengan pesawat-pesawat sipil lainnya telah beberapa hari berselimut abu vulkanik dan terkurung menginap di Base ops Lanud Adisutjipto maupun appron Bandara Internasional Adisutjipto karena terkendala oleh abu vulkanik Gunung Kelud Jawa Timur yang meletus beberapa hari yang lalu. 

Walaupun terletak jauh dari Gunung Kelud, keberadaan Pangkalan Udara Adisutjipto juga terkena dampak dari meletusnya Gunung yang berada di Jawa Timur ini. Pangkalan yang terletak kurang lebih 400km sebelah barat dari gunung yang sedang meletus itu, terselimuti debu abu vulkanik di sepanjang Run Waynya, dan menjadikan penerbangan militer, operasi pendidikan dan penerbangan sipil tidak dapat beraktivitas.

Baca juga:  TNI AU Kawal Api Asian Games 2018

Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Agus Munadar, SE, melalui Komandan Wingdikterbang mengatakan “ bahwa setelah hasil rapat dengan pihak otoritas bandara dan mendengarkan masukan dari semua pihak akhirnya tepat pukul 00 UTC atau 12.00 pesawat herkules diijinkan Take off menuju Lanud Abd malang.” Dengan dibukanya bandara ini otomatis semua presedur telah dilalui dan dinyatakan aman buat penerbangan jelasnya. 

Dioperasikannya Bandara Udara Internasional Adisutjipto diputuskan sehari sebelumnya oleh Kepala otoritas wilayah III Bandara Kementrian Perhubungan, Muhamad Alwi dan Komandan Lanud Adisutjipto. Dari Inspeksi yang dilakukan oleh Tim Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Lembaga Perum Penyelenggara Navigasi Penerbangan Indonesia, Kemenhub menyimpulkan Bandara sudah siap dibuka kembali.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel