Pustaka

Bandara Kuala Namu Direncanakan Beroperasi September 2013

Dibaca: 19 Oleh 19 Apr 2013Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

 

 

Bandara Kuala Namu Direncanakan Beroperasi September 2013

 

 

Pihak PT Angkasa Pura II yang akan mengelola bandara baru Kuala Namu di Deli Serdang, Sumatera Selatan, optimis mampu menyelesaikan pembangunan bandara itu pada bulan Juli. Pada bulan itu pula bandara ini diharapkan sudah akan melakukan shadow operation Air Traffic Control (ATC) dengan Bandara Polonia. Pada bulan September, Bandara akan diresmikan. Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas General Manager  Bandara Polonia Medan, Slamet Samiadji hari ini (8/4/2013).

 

Menurut Slamet, saat ini pembangunan sisi udara yang meliputi landasan pacu, taxiway, apron dan menara ATC sudah selesai 100 %. Sedangkan pembangunan sisi darat yang meliputi terminal penumpang, kargo dan fasilitas lainnya sudah selesai lebih dari 90 %. “Secara keseluruhan, sudah selesai 94,97 %. Pada bulan Juli diharapkan obyek vitalnya sudah selesai semua ,” ujarnya.

 

Di antara yang belum sepenuhnya selesai adalah penataan interior di terminal penumpang, pembangunan gedung untuk petugas bandara, masjid dan sarana pendukung lain yang tidak vital.

Baca juga:  Suara Angkasa Edisi Januari 2015

 

Menurut Kepala Humas PT AP II, Kristanto, saat ini semua persyaratan administrasi sudah dimasukkan ke Kementerian Perhubungan. Selanjutnya oleh Kementerian akan didaftarkan ke Organisasi Penerbangan Sipil  Internasional (ICAO). “Diharapkan pertengahan bulan September sudah bisa diresmikan secara internasional,” ujarnya.

 

Walaupun dari sisi bandara  sudah siap beroperasi, masih ada sedikit kekhawatiran terkait akses menuju bandara, terutama dari kota Medan. Pasalnya pembebasan tanah untuk jalan arteri menuju ke bandara ini belum sepenuhnya rampung. Masih ada beberapa titik yang belum dibebaskan. “Totalnya sih tidak sampai satu kilometer. Kami harapkan Pemerintah Daerah Deli Serdang bisa menyelesaikannya sebelum bandara diresmikan,’ ujar Slamet.

 

Selain melalui jalan arteri yang bisa dilewati kendaraan pribadi, taksi dan bus bandara, akses menuju bandara ini juga bisa menggunakan kereta api. Baik jalur maupun keretanya sekarang sudah siap digunakan.

Sumber: www.angkasa.co.id

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel