Berita

BANDARA SULTAN MAHMUD BADARUDIN PALEMBANG DIDEMO

Dibaca: 84 Oleh 21 Feb 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Sebuah aksi sekelompok massa sambil mengusung tulisan-tulisan yang bernada menghujat dengan membawa peralatan pentungan kayu, bambu maupun batu secara beringas melancarkan aksi demo di bandara Int’l Sultan Mahmud Badarudin II (SMB II) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (20/2). Aksi demo tersebut terkait dengan rasa ketidak puasannya terhadap berbagai kebijakan yang diambil oleh pemerintah sehingga mereka melampiaskannya dengan berusaha untuk mengacaukan situasi keamanan di bandara SMB II Palembang menjelang pemilihan legislatif tahun 2014. 

Dimulai dari beberapa jam sebelum melakukan aksinya, sekelompok massa mulai berkumpul yang berjarak hanya beberapa puluh meter dari gerbang bandara. Menyikapi situasi demikian itu, Komandan Lanud (Danlanud) Palembang, Letkol Pnb. Ramot Sinaga yang juga selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pengamanan Bandara Int’l SSMB II Palembang, segera melakukan tindakan antisipasi dengan menyiapkan satu SSK Pasukan PHH gabungan Lanud Palembang dan Paskhas serta berkoordinasi dengan satuan samping, TNI AD dan Kepolisian. 

Akhirnya sekitar pukul 15.30 WIB massapun mulai bergerak maju menuju gerbang bandara. Pergerakan mereka mulai dari titik awal disertai dengan teriakan-teriakan lantang hingga akhirnya terhenti di gerbang masuk bandara karena dihadang oleh barigade pasukan pengamanan bandara yang sudah disiagakan. 

Baca juga:  Drumb Band Taruna AAU Pukau Masyarakat Pekanbaru

Mendapat hadangan petugas tersebut, mereka terus berteriak lantang dan berusaha merangsek barigade satuan tugas gabungan pengamanan bandara dari TNI AD, TNI AU dan Kepolisian yang sudah disiagakan di pintu gerbang untuk mengantisipasinya agar tidak masuk ke bandara. Barigade Polisi yang berada di barisan paling depan berusaha menghalau massa sambil melakukan negoisasi. 

Akan tetapi situasi terus semakin memanas sehingga massapun berupaya keras merangsek maju dengan bersenjatakan pentungan kayu, bambu maupun batu. Target mereka adalah masuk ke bandara untuk melakukan orasi tuntutan yang tidak menutup kemungkinan bisa melakukan tindakan anarkis. Melihat situasi yang semakin memanas dan beringas tersebut, barigade satuan tugas pengamanan bandara gabungan lapis dua dengan pasukan PHH lengkap, secara sigap melakukan fungsi tugasnya sesuai prosedur dan berhasil memecah konsentrasi massa serta menghalau mundur. Akhirnya massa pendemo membubarkan diri dan situasi dapat dikendalikan serta kondusif sehingga operasional penerbangan bandara SMB II Palembang, kembali berjalan normal dan lancar. 

Demikian skenario pada simulasi pengamanan bandara Int’l SMB II Palembang dalam rangka menghadapi pemilihan legislatif tahun 2014 yang pelaksanaannya dipantau langsung oleh Danlanud Palembang. Pada kesempatan tersebut bersama dengan pihak Kepolisian dan Avsec bandara juga disimulasikan cara-cara penanganan terhadap penumpang pesawat yang membawa senjata api baik senjata api yang mengantongi surat ijin lengkap maupun tidak serta jenis senjata tajam (sajam) sesuai SOP yang berlaku di dunia penerbangan.

Baca juga:  Komandan Lanud J.B. Soedirman Hadiri Acara Pelepasan Calon Jamaah Haji Kabupaten Purbalingga

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel