BeritaBerita Kotama

Bangkit Indonesia, Generasi Millenial Taklukan Digitalisasi

Dibaca: 40 Oleh 21 Mei 2018Tidak ada komentar
Bangkit Indonesia, Generasi Millenial Taklukan Digitalisasi
#TNIAU 

TNI AU. Tercatat pemuda pemudi Indonesia masa ini merupakan generasi millennial yang terpapar massifnya perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital. Digitalisasi diberbagai bidang membuka jendela peluang dan ancaman yang sama besar. “Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukannya sebagai pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dalam sambutan yang dibacakan Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., saat Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Indonesia Ke-110 Tahun 2018 di Lapangan Lanud Sultan Iskandar Muda. Senin (21/5).

pengibaran_bendera

Pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Kebangkitan Indonesia Ke-110 Tahun 2018.

Alhamdulilah, lanjutnya, tidak sedikit anak muda kreatif yang mampu menaklukan gelombang digitalisasi dimana internet, media sosial, situs web, layanan multimedia aplikasi ponsel dijadikan ladang yang menjanjikan untuk berkarya positif. Dikatakan juga bahwa dunia digital harus dijauhkan dari anasir-anasir pemecah belah dan konten negatif agar generasi millennial ini bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi dan memberikan manfaat. “Pikulan satu dipikul berdua, rapat-rapat biji timun suri,” ujarnya mengutip pepatah Aceh yang berarti harus menjaga persatuan dalam memecahkan masalah, harus berbagi beban yang sama, merapatkan barisan dan jangan sampai terpecah belah.

Baca juga:  Danlanud Sim Buka Latsar Resimen Mahasiswa Mahadasa Aceh

“Dulu dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi, keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi mampu berhimpun serta menyatukan pikiran untuk menghidupkan api nasionalisme dan memperjuangkan kedaulatan bangsa,” ungkapnya sekaligus menekankan kata kuncinya adalah bersatu menggapai cita-cita mulia mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Seharusnya saat semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan mudah seperti saat ini, tambahnya, masyarakat Indonesia lebih siap tak berkekurangan dan mampu sepikul berdua menjaga keutuhan Indonesia dalam dunia digital yang terwadahi dengan berbagai media yang digunakan dewasa ini.

Melalui tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital”, peringatan Hari Kebangkitan Nasional harus dimaknai dengan upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri sekaligus merebut peluang meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri secara bersama-sama, kompak, tanpa terdistraksi oleh godaan-godaan yang kontraproduktif akan membawa kepada kejayaan bangsa Indonesia.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel