Berita

Bangkitkan Motivasi Generasi Muda Menjadi Pilot Pesawat Tempur

Dibaca: 79 Oleh 15 Apr 2015Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Untuk membangkit rasa nasionalisme dan memberikan motivsi para generasi muda Sumatera Barat (Sumbar) Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengunjungi latihan operasi udara skadron udara 12 Lanud Rusmin Nuryadin Pakan baru di gelar oleh Lanud Padang di Bandara Internasional Mingkabau dengan berseragam ala pilot tempur, Selasa (14/4).

Latihan simulasi penembakan Rudal Moverick dari udara ke darat (Air to ground) dengan pesawat tempur Hawk 100/200 melibatkan sebanyak 12 penerbang dan didukung 62 personil teknisi terlatih. Demikian penjelasan Danlanud Padang Letkol Pnb Mohammad Apon, ST, MPA.

Latihan ini di gelar dalam rangka memperkuat sistem pertahanan udara untuk menjaga kedaulatan NKRI khususnya di wilayah udara Indonesia. Sesuai Intruksi pimpinan yang salah satunya adalah kehadiran kekuatan udara hingga di perairan Samudra Hindia.

Lanud Padang yang memiliki posisi berhadapan langsung dengan Samudra ini memerlukan konsep dan persiapan yang jelas dalam penggelaran operasi udara untuk mendukung program Poros Maritim dunia jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumabar Irwan Prayitno menambahkan, dengan melihat secara langsung kegiatan latihan Alutsista TNI Angkatan Udara yang dilaksanakan oleh Lanud Padang yakni latihan Moverik skadron udara 12 Lanud Rusmin Nuryadin ini bagi kita sudah barang tentu banyak manfaat yang di dapat untuk sumbar diantaranya lebih mengenal dunia kedirgantaraan yang selama ini sangat minim informasi yang kita dapat sangat jarang sekali kita bisa berinteraksi langsung dengan pesawat tempur.

Baca juga:  Siswa SMA 1 Bangunrejo Penasaran Dengan Karbol AAU

Seperti kita saksikan bersama bahwa pesawat tempur manuver-manuvernya sangat luar biasa sekali, ini membuat kita masyarakat Sumbar semakin bangga dan percaya bahwa di atas sana kita di jaga TNI Angkatan udara yang senatiasa menjaga kedaulatan NKRI.

Harapanya dapat menggugah semangat bagi pemuda untuk dapat bangkit dan semangat tinggi menjadi insan undara baik melalui TNI Angkatan udara maupun jalur lainya.

Selain itu juga kita ketahui bersama bahwa menjadi seorang pilot apalagi pilot pesawat tempur tidak mudah perlu persiapan yang matang dan terarah yang jelas hanya orang pilihan dan terlatih mampu menerbangkan pesawat ini tambahnya.

Disisi lain Letkol Pnb Jajang Setiawan Danskadron 12 Lanud Rusmin Nuryadin Pakan Baru menuturkan bahwa selama latihan moverick di atas wilayah Sumbar berjalan dengan lancar belum ada kendala yang signifikan. Memang kadang-kadang faktor cuaca menjadi tantangan yang harus dapat disiasati dengan cepat.

Dalam latihan ini kami membawa Rudal udara ke darat AG-65 Moverick yang memiliki kemapuan berpandu infra red, bagaimana cara meluncurkanya dan mensimulasikan untuk menghacurkan target yang ada dipermukaan baik di darat maupun di laut yang bernilai strategis.

Baca juga:  Lanud Iswahjudi Gelar Latihan Elang Gesit 2016

Obyek-obeyek yang dianggap bernilai tinggi seperti, pusat pemerintahan, markas militer, indutri strategis, bandara, pelabuhan, bangker mapun sasaran lainya. Harapanya selain untuk meningkatkan profesinalisme para pilot tempur juga dapat memberikan motivasi bagi pemuda di Sumbar untuk dapat bergabung dengan kami melalui TNI Angakatan Udara pungkasnya.

Latihan Penembakan rudal Maverick menggunakan tempur jenis Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Rusmin nuryadin Pakan Baru dengan tail number yakni, TL 0201, TT 0202, TT 0209 dan TT 0214. Selain itu untuk bantuan SAR juga disiagakan 1 unit Helicopter EC-120 Colibri skadron udara 7 Lanud Surya Darma Kalijati Subang. Sebanyak 12 sourtie dapat dilaksanan dalam latihan ini dengan mengambil area latihan di atas wilayah Painan dan sekitarnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel