TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Bantu Evakuasi, Lanud Adi Kerahkan Personel dan Kendaraan

By 27 Oct 2010 10:17Berita
emb-314

Gunung Merapi akhirnya benar-benar meletus. Salah satu gunung berapi aktif di Indonesia ini mengeluarkan awan panas sekitar pukul 17.02 WIB. Semburan awan panas mencapai ketinggian 1,5 kilometer.

 

Letusan disertai semburan kerikil dan abu vulkanik mengarah ke arah Barat-Barat Daya dan ke Selatan–Tenggara memaksa warga di desa-desa di lereng gunung itu untuk mengungsi di barak-barak pengungsian yang telah dipersiapkan sebelumnya. Hujan abu melebihi batas aman bencana, yakni 10 kilometer. Bahkan, masyarakat yang berada lebih dari 20 kilometer juga merasakan hujan abu.

 

Mencermati kegiatan Gunung Merapi ini, Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Hadiyan Sumintaatmadja memerintahkan Kasi Lambangja Mayor Pnb Andi Wijanarko untuk mengerahkan pasukan dan kendaraan untuk ikut membantu proses evakuasi penduduk.

 

Mayor Pnb Andi Wijanarko, Rabu (27/10) menjelaskan sejak Selasa petang Lanud Adisutjipto telah mengirimkan 6 kendaraan besar berupa bus dan truk beserta 1 SSK yang terdiri dari Paskhas, POM dan Personel Lanud Adisutjipto. “Pukul 07.30 kekuatan 1 SSK kembali dinaikkan untuk memperkuat pasukan yang telah diterjunkan,” terangnya

 

Mayor Pnb Andi Wijanarko menambahkan proses evakuasi penduduk dari areal bencana terhalang dengan banyaknya pohon tumbang yang menutup akses jalan. Untuk mengatasi hal ini, Lanud Adisutjitpo juga telah mengirimkan sejumlah gergaji mesin dengan personel yang mengawakinya.

 

Sementara untuk melihat situasi terakhir pasca letusan Gunung Merapi, Komandan Lanud mengadakan pantauan udara. Pantauan dengan pesawat Helikopter jenis Colibri ini juga diikuti Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Langgeng Sulistiyono dan Danrem 072 Pamungkas Kolonel Kav Sumedy.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Koopsau 1 Berita Kotama Berita Utama PIA Ardhya Garini Kohanudnas
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bantu Evakuasi, Lanud Adi Kerahkan Personel dan Kendaraan