Berita

Bantu Pasokan Darah di DKI, Koopsau I Gelar Baksos Donor Darah dalam Rangka Hari Jadi ke-75 TNI

Dibaca: 21 Oleh 23 Sep 2020Tidak ada komentar
Bantu Pasokan Darah di DKI, Koopsau I Gelar Baksos Donor Darah dalam Rangka Hari Jadi Ke -75 TNI
#TNIAU 

TNI AU. JAKARTA.   Komando Operasi Angkatan Udara I (Koopsau I) menggelar kegiatan donor darah selama dua hari di Gedung Graha Garda Dirgantara, Pondok Gede, Jakarta, Senin-Selasa (21-22/9/2020). Sudah tercatat sekitar 475 anggota TNI AU baik militer maupun PNS yang mendonorkan darahnya selama dua hari.

Anggota yang mengikuti doroh darah antara lain dari Satuan Makoopsau I, Kohanudnas, Lanud Halim Perdanakusuma, Kodiklatau, Paskhas Wings I, Dinas Psikologi, Dissurpotrudau, Dinas Barang Tak Bergerak, dan Kosekhanudnas.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-75 TNI ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) DKI Jakarta dan Bekasi dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang saat ini membutuhkan darah.

Di masa pandemi Covid-19, stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) mengalami kelangkaan.  Pada hari-hari biasa stok darah dapat diperoleh dari sukarelawan pendonor darah, namun saat ini karena aktivitas dibatasi dan adanya kekhawatiran masyarakat terhadap penularan wabah Covid-19, maka persediaan darah di PMI benar-benar sulit.

Baca juga:  KUNJUNGAN DELEGASI TPOU TUDM MALAYSIA KE KOSEKHANUDNAS III

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsekal Muda TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr (Han)., dalam sambutannya mengatakan, Penerapan physical distancing dan pembatasan aktivitas di luar rumah sejak wabah Covid-19 membuat banyak kegiatan donor darah terhenti. Hal ini menyebabkan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) berkurang secara drastis, padahal kebutuhan transfusi darah tidak menurun.

Oleh karena itu kegiatan donor darah kali ini merupakan momen yang tepat untuk memotivasi masyarakat agar tidak perlu ragu untuk mendonorkan darahnya, karena protokol kesehatan sudah disiapkan dan dilakukan untuk menjamin bahwa kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan aman.

“Kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia dan luhur. Untuk itu kuncinya ada di protokol kesehatan yang sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, baik bagi para pendonor maupun petugasnya,” kata Pangkoopsau I yang turut mendonorkan darahnya pada kegiatan ini.

“Apa yang kita sumbangkan ini menyelamatkan jiwa saudara-saudara kita yang membutuhkan. Tidak hanya cucuran keringat yang kita berikan, bahkan darah pun akan kita berikan kepada negeri ini,” tambah Pangkoopsau I.

Baca juga:  Peletakan Batu Pertama Tandai Pembangunan Mess VIP Lanud Ats

Pada kesempatan tersebut, Pangkoopsau I memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia termasuk Palang Merah Indonesia Cabang Kota Jakarta dan Kota Bekasi. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat dan anggota TNI AU yang telah mendonorkan darahnya secara suka rela demi kemanusiaan,” ujar Pangkoopsau I.

Bantu Pasokan Darah di DKI, Koopsau I Gelar Baksos Donor Darah dalam Rangka Hari Jadi Ke -75 TNI

Bantu Pasokan Darah di DKI, Koopsau I Gelar Baksos Donor Darah dalam Rangka Hari Jadi Ke -75 TNI

Bantu Pasokan Darah di DKI, Koopsau I Gelar Baksos Donor Darah dalam Rangka Hari Jadi Ke -75 TNI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel