Berita

Barongsai Semarakan Passing In/Out Komandan Lanud Supadio

Dibaca: 11 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Pepatah mengatakan Lain Ladang Lain Belalang , Lain Lubuk Lain ikannya. Kiranya pepatah ini sangatlah tepat bila diartikan bahwa adat istiadat disuatu tempat tentu berbeda dengan tempat lainnya. Berangkat dari pemahaman seperti ini, tentunya dalam suatu acara adat akan berbeda satu dengan lainnya. Acara adat selalu kita tampilkan pada acara menyambut tamu, pelepasan pejabat lama atau penyambutan pejabat baru dan lain-lain. Hal ini tentunya berdampak positif karena secara tidak langsung dapat mempromosikan kekayaan budaya suatu daerah.

Apabila kita mendengar kata Kalimantan umumnya dan Kalimantan Barat khususnya, tentu dibenak kita teringat oleh suku Dayak. Propinsi Kalbar merupakan salah satu propinsi yang mempunyai multi etnis dimana terdapat beberapa suku. Sebut saja ada suku Jawa, Madura, Sunda, Bugis Cina, Melayu dan Suku Dayak.

Sehingga tidak salah apabila dalam rangka menyambut kedatangan Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI Eddy Suyanto, S.T beserta rombongan, Lanud Supadio menampilkan tarian adat Dayak. Tarian ini dibawakan bukan dari anggota sanggar kesenian namun dari personel Skadron Udara 1. Hal ini tentunya tidaklah mudah bagi personel untuk mempelajari tarian dayak dan sekaligus memainkan alat-alat tradisonal yang mengiringi tarian dayak tersebut. Namun berkat dedikasi, loyalitas serta latihan yang sungguh-sungguh ternyata para anggota Skadron Udara 1 tersebut mampu tampil memukau di hadapan Pangkoopsau I beserta rombongan.

Baca juga:  Siswa Para Dasar Angkatan ke-172 Terjun Malam

Sedangkan pada acara passing in/out Danlanud Supadio panitia penyelenggara sertijab menampilkan adat cina yaitu barongsai dari Group Barongsai Perdamaian Pontianak dan adat dayak. Acara ini berlangsung setelah rangkaian kegiatan upacara sertijab berakhir, pelaksanaannya di Markas Lanud Supadio, Sabtu (27/3). Tak kurang ratusan anggota Lanud Supadio dan Skadron Udara 1 ikut menyaksikan acara tersebut. Acara yang berlangsung sangat meriah ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat di sekitar Lanud Supadio.

Menurut Kadisops Lanud Supadio Letkol Pnb Ir. Bob Henry Panggabean yang juga selaku Koordinator Panitia Sertijab Danlanud Supadio mengatakan pada acara sertijab Danlanud kali ini memang dibuat berbeda dengan acara tradisi sebelumnya. “Sengaja kita tampilkan adat dayak dan adat cina sehingga sedikit banyak mengetahui adat istiadat kedua suku tersebut,” kata Kadisops.

Menurutnya, acara ini juga berguna untuk melestarikan budaya nenek moyang kita dan sekaligus mempromosikan adat istiadat tersebut. Selain itu acara seperti ini juga membantu pemerintah propinsi Kalbar dalam mempromosikan dan menyukseskan Visit Kalbar 2010.

Baca juga:  Taruna AAU Siap Ikuti Latihan Para Dasar

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel