Berita

BATALYON 465 PASKHAS BERHASIL MEMBUAT HELLYPAD DI GUNUNG TAMANG

Dibaca: 10 Oleh 12 Jun 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Satu Kompi prajurit Batalyon 465 Paskhas Pontianak dibawah pimpinan Lettu Psk Danny Satrio Utomo, Rabu tanggal 06 Juni 2012 pukul 07.00 WIB, memulai pembuatan Hellypad di gunung Tamang Kalbar suvervisi Mayor Psk S.Tambunan (jabatan sehari hari sebagai Komandan Skadik Purad Wing 3 Paskhas Bandung).

Dalam waktu kurang lebih 7 jam hellypad dengan ukuran 8 x 6 meter mampu dibuat dan didarati helly jenis Super Puma. Asops Korpaskhas Kolonel Psk Roland DG Waha mewakili Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Amarullah dan Komandan Batalyon 465 Paskhas Letkol Psk Rana Nugraha S.E menyatakan bangga atas keberhasilan prajuritnya yang telah berhasil membuat hellypad di Gunung Tamang dalam pra tugas SAR satgas Paskhas.

Tujuan dari pada pembuatan hellypad ini adalah untuk mendukung tugas SAR dan menyiapkan landasan darurat bila sewaktu waktu terjadi bencana alam maupaun kecelakaan pesawat di wilayah Kalimantan Barat terutama di daerah gunung Tamang yang lokasinya berada jauh dari perkampungan dan kondisi medan yang sulit di tempuh bila menggunakan transportasi darat.

Daerah gunung Tamang sendiri sebenarnya merupakan Air Weapon Range (AWR) TNI AU yaitu daerah yang dipergunakan untuk latihan penembakan dari udara ke darat oleh pesawat tempur TNI AU. Untuk menjangkau daerah ini prajurit Batalyon 465 Paskhas harus menempuh perjalanan melalui jalur darat selama 4 jam dan jalur sungai juga selama 4 jam. Gunung Tamang sangat ideal dan strategis untuk lokasi pra tugas SAR yang dilaksanakan betul-betul harus mendekati situasi dan kondisi yang sebenarnya, sehingga fisik dan mental yang prima sangat mutlak untuk dimiliki seorang petugas SAR karena setiap prajurit Paskhas harus siap melaksanakan tugas SAR dimanapun dan kapanpun.

Baca juga:  Donor Darah Prajurit TNI Angkatan Udara dalam Rangka Hari Bakti ke-73 di Biak

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel